Pada keadaan dunia sekarang, syarat liburan ke luar negeri pun berbeda-beda setiap saat. Terlebih lagi jika terjadi pandemik, atau peristiwa lainnya yang terkadang membuat kamu bingung.

Lantas bagaimana sih syarat liburan ke luar negeri saat covid? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

1.      Urus Paspor dan VISA

Secara umum syarat jika ingin liburan ke luar negeri adalah wajib memiliki paspor dan VISA. Lantas apa sih perbedaan antara paspor dan VISA?

Paspor adalah tanda pengenal si pelancong ketika melakukan perjalanan ke luar negeri. Biasanya, Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, dan perwakilan Indonesia menerbitkan dokumen ini.

Masa berlaku paspor adalah 5 tahun. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot mengurus paspor setiap kali melakukan penjalanan.

Berbeda dengan paspor, VISA sendiri diterbitkan oleh negara yang hendak dikunjungi. VISA adalah dokumen persetujuan izin seseorang untuk masuk ke suatu negara.

Kamu bisa mengurus paspor dan VISA secara daring selama pandemik ini. Dengan sistem daring ini dapat memudahkan kamu mengurus berkas keberangkatan luar negeri.

Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya pastikan apakah negara tujuanmu itu menerima wisatawan atau tidak. Jadi, kamu tidak sia-sia mengurus paspor ataupun VISA.

2.      Gunakan Paspor Saja

Tenang Rck Lovers, tidak semua negara mewajibkan VISA sebagai persyaratan untuk memasuki negara lain, kok! Kamu bisa mencari list negara yang bebas visa (hanya membutuhkan paspor saja) sebagai syarat untuk liburan ke luar negeri.

3.      Siapkan Sertifikat Vaksin

Selain paspor dan VISA, kamu juga wajib memiliki sertifikat vaksin dengan dosis lengkap. Jika kamu belum melakukan vaksinasi karena baru saja terkena covid, kamu bisa menggunakan sertifikat sembuh dari covid.

Kamu juga bisa menyertakan surat keterangan dokter jika kamu tidak bisa menerima vaksin karena kondisi kesehatan tertentu.

4.      Bawa hasil test PCR atau Antigen

Beberapa negara mewajibkan pelancong untuk membawa hasil PCR yang berlaku 3 x 24 sejak pemeriksaan. Ada juga yang memperbolehkan Rapid Antigen yang berlaku 2 x 24 sejak pemeriksaan.

Persyaratan kedatangan setiap negara itu berbeda-beda. Ada juga beberapa negara yang mewajibkan untuk karantina terlebih dahulu sebelum mulai berwisata. Kamu bisa cek disini untuk info lengkapnya.

Penutup

Pada umumnya syarat liburan ke luar negeri adalah wajib memiliki paspor. Namun, untuk beberapa negara mewajibkan kamu untuk memiliki VISA.

Rck Lovers juga perlu update syarat ke luar negeri jika dalam keadaan seperti pandemik. Biasanya syarat liburan ke luar negeri saat covid selain paspor dan visa adalah surat vaksinasi lengkap, dan hasil test PCR atau antigen.

Ada banyak syarat ke luar negeri 2021. Apakah kamu tertarik untuk liburan ke luar negeri? Yuk, liburan sekarang!

Intip cerita travelling lainnya di sini.

 

Oh ya, info lain terkait informasi wisata dan kuliner dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk mampir atau menghubungi RCKTrip.com, ya!