Sydney adalah kota di Australia yang memiliki banyak wahana wisata menarik, salah satunya adalah Sydney Opera House. Bahkan, rumah opera ini disebut-sebut sebagai salah satu bangunan paling ikonik di dunia.

Temukan hal menarik di rumah opera yang oleh UNESCO dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia 2007 ini.

Lokasi

Lokasi Sydney Opera House, New South Wales (NSW) berada di Bennelong Point di Sydney Harbour dekat Sydney Harbour Bridge.

Untuk sampai ke lokasi gedung, kamu bisa naik bis, kereta atau kapal feri, lalu berhenti di Circular Quay. Kalau naik taksi, kamu bisa turun di Macquarie Street, pas di bundaran bagian bawah.

Fakta Menarik

Sebagai destinasi wisata yang mampu menyedot pengunjung lebih dari 8 juta orang setiap tahunnya, keunikan Sydney Opera House menyimpan banyak fakta menarik.

Berikut beberapa fakta unik dan menarik tentang rumah opera Sydney.

 

1. Desain Dilombakan

Desain Sydney Opera House pernah dilombakan pada tahun 1956 dan pemenangnya adalah arsitek Denmark, Jorn Utzon, yang menerima hadiah senilai 5.000 Poundsterling.

 

2. Punya 1.000 Ruangan

Sydney Opera House memiliki tidak kurang dari 1.000 ruangan, namun hanya 7 yang dimanfaatkan sebagai ruang pertunjukan. Concert Hall sebagai ruang pertunjukan terbesar, punya kapasitas lebih dari 2.500 kursi.

 

3. Desain Kulit Jeruk

Desain atapnya menyerupai kulit jeruk yang tercabik dan mirip cangkang dengan jumlah atap atap sebanyak 14 buah.

 

4. Dibangun Selama 14 Tahun

Gedung opera ini dibangun memakan waktu 14 tahun, mulai 1959-1973. Untuk peresmian sekaligus pembukaannya dilakukan oleh Ratu Elizabeth II pada 20 Oktober 1973.

 

5. Dipakai untuk Pertunjukan pada 1960

Tahun 1960, Sydney Opera House pertama kali digunakan untuk pertunjukan, di mana penampilnya adalah Paul Robeson, seorang musisi asal Amerika Serikat.

 

6. Dipakai untuk Olimpiade

Pada gelaran Olimpiade Sydney 2000, gedung opera ini dimanfaatkan sebagai wahana untuk cabang olahraga triathlon.

 

7. Pernah Digunakan untuk Ajang Binaraga Dunia

Gedung ini juga pernah digunakan sebagai tempat gelaran kompetisi binaraga Mr. Olympia terakhir pada 1980, dengan pemenangnya adalah aktor top AS, Arnold Schwarzenegger.

 

8. Sistem Penyejuk dari Air Laut

Sidney Opera House menggunakan sistem penyejuk ramah lingkungan berbasis air laut. Caranya dengan mengalirkan air laut menggunakan pipa menuju gedung opera.

 

Jam Buka dan Harga Tiket

Pertunjukan di gedung Sydney Opera House dibuka setiap hari, mulai pukul 9:00 AM – 5:00 PM. Sedangkan untuk harga tiket masuknya senilai AUD42 untuk pengunjung dewasa dan AUD22 untuk pengunjung anak-anak.

Sydney Opera House adalah warisan budaya dunia yang punya keunikan tersendiri. Jangan lewatkan saat berlibur di Sydney untuk mampir menonton pertunjukannya.

Oh ya, info lain terkait informasi wisata dan kuliner dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk mampir atau menghubungi RCKTrip.com, ya!