Salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang baru adalah Taj Mahal yang berada di Agra, India. Monumen yang merupakan makam ini mengadopsi teknik arsitektur terbaik Mughal sehingga tampak megah dan indah. Taj Mahal tidak hanya terkenal karena keindahannya saja tetapi juga menjadi simbol dari cinta dan pengorbanan.

Sebelum RCK lovers mengunjungi India yang keren ini, sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut agar kunjungan kamu berkesan dan maksimal.

Sejarah Taj Mahal

Sejarah Taj Mahal

Sebaiknya kamu sedikit banyak sudah pernah membaca atau mengenal sejarah tempat ini agar dapat mengagumi dan memahami setiap struktur bangunannya. Lokasi ini dibangun oleh Shah Jahan pada tahun 1631 sebagai makam sekaligus monumen peringatan untuk istrinya yang bernama Mumtaz Mahal.

Sang istri meninggal karena melahirkan anak ke-14 mereka. Shah Jahan tidak tanggung-tanggung dalam membangun monumen ini karena pembangunannya memakan waktu 22 tahun.

Keunikan Bangunan Taj Mahal

keunikan Taj Mahal

Taj Mahal memang terkenal sebagai makam dari istri Shah Jahan yang bernama Mumtaz Mahal. Namun ternyata bangunan ini juga merupakan bangunan masjid aktif. Jadi, buat kamu yang bertanya ‘Taj Mahal ini masjid atau bukan?’ sudah tahu jawabannya, ya?

Bangunan ini juga memiliki arsitektur tingkat tinggi, terbukti dari beberapa fitur bangunannya yang istimewa, antara lain:

  • Terbuat dari marmer putih yang berasal dari Makrana di Rajakhstan
  • Bangunan utama dikelilingi oleh kolam, air mancur dan taman yang indah
  • Bagian dalam bengunan yang berupa ruang segi delapan dihubungkan dengan lorong diagonal yang mirip dengan makam Humayun di Delhi
  • Bagian interior dan eksterior bangunan dihiasi dengan ukiran, kaligrafi, pahatan dan lain sebagainya selain dihiasi dengan batu permata dan batu semi mulia.

Kapan Waktu Terbaik untuk Berkunjung?

kapan waktu terbaik mengunjungi Taj Mahal?

RCK lovers juga harus tahu kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke sini agar perjalananmu nyaman. Awal musim panas yaitu bulan Maret – Juni adalah waktu terbaik untuk berkunjung karena suhu dan cuacanya bersahabat.

Mulai bulan November sampai Februari, cuaca akan sering hujan dan berkabut sehingga sulit untuk mendapat dokumentasi terbaik.

Tempat wisata ini buka setiap hari dari jam 6 pagi hingga 7 petang waktu setempat kecuali hari Jumat. Kamu bisa berkunjung pagi hari tepat setelah matahari terbit agar dapat melihat kemegahannya berlatar langit jingga.

Namun, sore menjelang matahari terbenam juga merupakan waktu terbaik untuk menyaksikan keindahan monumen ini.

Tips Saat Berkunjung Ke Taj Mahal

Mengunjungi Taj Mahal

Sebelum berkunjung, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

  • Lokasinya terletak di kota Agra yang minim tempat teduh, maka kamu perlu mengenakan pakaian berwarna terang dan menyerap keringat jika berkunjung pada musim panas.
  • Hindari mengunjungi lokasi ini pada hari Jumat karena tempat ini ditutup untuk memberi waktu kepada kaum muslim beribadah.
  • Bawa barang dan dokumen penting saja karena pengunjung hanya boleh membawa satu tas kecil.
  • Jika memilih menggunakan jasa tour guide dari agensi resmi agar perjalanan kamu lebih terorganisir, aman dan nyaman.

RCK lovers wajib mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengunjungi Taj Mahal agar wisata kamu maksimal dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga perjalanan wisata kamu ke Taj mahal seru dan berkesan!