Bali termasuk sentra wisata Indonesia yang namanya sudah mendunia. Pulau Dewata ini menawarkan berjuta keindahan, salah satunya adalah Pura Luhur atau Pura Tanah Lot.

Sama seperti pura yang lain, warga sekitar juga masi aktif memakai Pura Luhur untuk berbagai kegiatan keagamaan. Lantas, hal menarik apa yang membuat para wisatawan tertarik untuk menyambanginya?

Keindahan Tanah Lot

 Ada rencana berlibur ke Bali? Jangan sampai melewatkan Tanah Lot, pura di tengah lautan yang menyimpan keindahan, keunikan, dan ceritanya tersendiri

Alasan kuat yang menjadikan pura ini menjadi sangat populer ada 2, yakni keunikan serta keindahan alamnya. Unik, karena Pura Luhur ternyata berdiri di atas bongkahan batu besar yang terletak di tengah-tengah lautan.

Saat laut sedang pasang, sekeliling pura akan tergenang air, sehingga wisatawan tidak bisa masuk ke kawasannya. Jika hal ini terjadi, pura akan tampak seperti galangan kapal yang sedang berlayar.

Begitu air surut, maka akan muncul sebuah gua kecil yang konon menjadi tempat bersemayamnya ular suci penunggu pura. Kamu boleh ke sana, asalkan mendapat pendampingan dari guide.

Sejarah Pura Tanah Lot

Tanah Lot

Setiap tempat mempunyai sejarah masing-masing, apalagi Pura Luhur yang memang letaknya tidak biasa. Menurut cerita yang beredar, keberadaan Pura Luhur berkaitan dengan perjalanan seorang pendeta suci asal Blambangan.

Pendeta ini bernama Dang Hyang Nirartha yang datang untuk menyebarkan agama Hindu di Pulau Bali. Kesuksesannya ternyata membuat iri penguasa setempat, Bendesa Beraban dan mengusir Dang Hyang.

Dang Hyang menyanggupi, tetapi sebelum pergi dari Lod, ia mengeluarkan kesaktiannya dengan menggeser sebuah bukit karang besar. Di atas karang inilah Dang Hyang mendirikan pura yang kini dikenal sebagai Pura Luhur.

Kapan Waktu Terbaik untuk Berkunjung?

Tanah Lot

Sebenarnya, kapanpun kamu ingin mampir ke Tanah Lot boleh-boleh saja. Sebab, keindahan pantai di sekitar pulau siap menyambutmu setiap saat. Hanya saja, jika berharap pengalaman lebih, maka datanglah pada sore hari.

Berdasarkan pengakuan RCK Lovers, tempat ini merupakan lokasi terbaik untuk menikmati sunset. Maka dari itu, datanglah sekitar pukul 17.00 waktu setempat, agar tidak ketinggalan momen romantisnya.

Untuk mendapatkan pengalaman berharga, kamu juga bisa datang pas pada saat perayaan hari raya Galungan atau Kuningan. Masyarakat setempat akan mengadakan upacara adat yang pastinya sangat sayang untuk dilewatkan.

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi Tanah Lot dan tempat wisata lainnya di Bali? Yuk, susun segera rencana perjalananmu dengan mencari referensi di RCKTrip.com.