Teluk Ha Long di Vietnam merupakan destinasi wisata terkenal yang terletak di pesisir barat Teluk Tonkin. Dengan ribuan pulau megah dan banyak tempat wisata di dekatnya, kawasan ini menjadi tujuan favorit banyak wisatawan. RKC Lovers tentunya wajib singgah ke destinasi ini saat berlibur ke Vietnam.

Daya Tarik Teluk Ha Long

Daya tarik Teluk Ha Long

Kawasan perairan ini terletak di bagian timur laut Vietnam, di bawah pengelolaan Provinsi Quang Ninh dan Hai Phong. Sebenarnya, kamu bisa menemukan beberapa pemandangan terindah di dunia pada kawasan ini.

Namun Teluk Ha Long adalah salah satu tempat paling terkenal karena terdiri dari serangkaian pulau batu kapur yang mengesankan. Tidak heran jika kawasan ini termasuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Keunikan Ha Long Bay adalah terdapat sekitar 2000 pulau dan banyak memiliki vegetasi subur indah. Banyak pulau yang juga merupakan rumah bagi gua.

Nah, aktivitas wisata Ha Long Bay terbaik yang dapat kamu lakukan di sini adalah berlayar. Kamu bisa melihat pulau-pulau dari dekat dan melakukan perjalanan ke gua-gua di sekitar hingga menjelajahi desa terapung. Sungguh sangat indah!

Mengunjungi salah satu dari banyak desa terapung berwarna-warni di sini adalah hal yang wajib dilakukan dalam rencana perjalanan setiap wisatawan.

Cara Menuju Teluk Ha Long

Teluk Ha Long

Bagaimana cara ke Ha Long Bay? Menuju ke sana semakin mudah, berkat pembangunan jalan tol yang menghubungkan Kota Ha Long dan Hanoi pada tahun 2018. Bandara Internasional Van Don juga hanya berjarak 50 km dari kawasan wisata tersebut.

Sebagian besar pengunjung mencapai kawasan ini lewat jalur darat, baik dengan layanan antar jemput agen perjalanan atau perusahaan kapal pesiar dan mobil pribadi. Bahkan tersedia layanan limosin bagi mereka yang butuh kenyamanan dan privasi maksimal.

Harga berkisar dari US$ 15 hingga US$ 200 tergantung pada layanan mana yang ingin kamu gunakan untuk diri sendiri dan untuk beramai-ramai.

Biaya Masuk dan Waktu Terbaik untuk Berkunjung Ha Long Bay

Teluk Ha Long

Biaya masuk sebesar 290.000 Dong Vietnam per orang untuk setiap perjalanan. Harga ini termasuk 250.000 Dong Vietnam tiket perjalanan, dan 40.000 Dong Vietnam untuk pintu masuk pelabuhan Tuan Chau.

Lalu, kapan waktu perjalanan terbaik ke Teluk Halong?

  1. Musim semi pada Maret dan April, saat cuaca cerah.
  2. Musim gugur September hingga Oktober, di mana udara cukup sejuk.
  3. Musim panas yang berlangsung dari Mei hingga awal September, ketika teluk menjadi begitu cerah dan hangat untuk berenang.

Sementara, di musim dingin berlangsung dari November hingga Maret, menyebabkan cuaca dingin, sehingga tidak ideal untuk berenang. Hari-hari berkabut dan angin muson yang kuat juga terjadi selama periode ini.

Itulah beberapa informasi mengenai Teluk Ha Long. Mulai berpikir untuk melancong ke sana?