Liburan sekolah adalah waktu yang paling dinantikan oleh anak-anak. Sebagai orang tua, tidak ada hal yang lebih menyenangkan selain mengajak mereka bepergian. Tak hanya bisa menghilangkan penat karena aktivitas belajar, berlibur ke tempat wisata di dunia akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Tidak seperti bepergian di dalam negeri, berangkat ke luar negeri memerlukan persiapan yang lebih banyak dan panjang. Baik itu persiapan keuangan, maupun persiapan lainnya. Karena itu, pastikan rencana untuk mengunjungi tempat wisata di dunia yang Anda susun bersama anak-anak sudah lengkap dan sempurna. Hal ini penting agar liburan bisa berjalan lancar dan tentu saja berkesan.

Persiapan Sebelum Liburan Bersama Anak ke Luar Negeri

Bagi Anda yang sudah pernah membawa si kecil ke luar negeri, persiapan semacam ini mungkin tak perlu dipusingkan lagi. Namun untuk yang baru pertama kali akan bepergian bersama anak ke luar negeri, ada baiknya Anda mengintip beberapa persiapan penting sebelum berangkat berikut ini!

1. Tentukan Negara Tujuan

tempat wisata di dunia

Tentukan tujuan

Berlibur bersama si kecil, terutama jika usia anak masih di bawah 10 tahun harus dipersiapkan dengan lebih baik. Terutama terkait negara yang akan dituju untuk berlibur. Temukan negara-negara yang aman dan menyenangkan untuk dituju.

Beberapa negara yang direkomendasikan karena ramah anak antara lain adalah negara jiran, Malaysia dan Singapura, Hong Kong dan Jepang. Sementara untuk kawasan di luar Asia, Anda bisa memilih beberapa spot di Australia. Islandia dan Swiss di Eropa juga cukup nyaman dan aman dijadikan tujuan menjelajahi tempat wisata di dunia yang terkenal bersama anak.

2. Persiapkan Paspor

tempat wisata di dunia

Persiapkan paspor

Paspor merupakan dokumen paling penting sekaligus paling mendasar yang harus dimiliki agar bisa berangkat ke luar negeri. Berapapun usia anak Anda, paspor wajib dimiliki. Saat ini proses pembuatan paspor terutama untuk anak-anak jauh lebih mudah karena adanya antrean khusus atau antrean prioritas. Ini tentu saja sangat memudahkan bagi para orang tua. Terutama jika anaknya masih berada di usia sekolah dasar. Proses pembuatannya pun tak sampai memakan waktu setengah hari.

Setelah paspor jadi, jangan lupa difotokopi untuk berjaga-jaga. Anda bisa membawanya satu saat bepergian dan satu lagi disimpan di rumah.

3. Persiapkan Visa

tempat wisata di dunia

Persiapkan visa

Jika negara yang Anda tuju berada di kawasan Asia Tenggara atau di kawasan yang bebas visa, Anda tidak perlu memusingkan poin ketiga ini. Tapi jika butuh visa, ajukan sesegera mungkin. Ada beberapa negara yang membutuhkan waktu panjang untuk bisa mengabulkan permintaan visa. Jangan membuat visa di waktu yang terlalu berdekatan dengan tanggal keberangkatan.

Sebelum mengajukan, pelajari terlebih dahulu dokumen apa yang diperlukan dan lengkapi. Jangan sampai ada yang ketinggalan dan Anda diminta mengajukan ulang, ya! Untuk pembuatan visa, selain mengajukan sendiri, Anda bisa menggunakan jasa travel agent. Tentu saja ada biaya tambahan yang dikenakan. Perlu diketahui bahwa membuat visa lewat travel agent tidak menjamin visa Anda akan diterima, ya. Jadi pastikan saja dokumennya lengkap dan Anda mengikuti prosedur yang diminta oleh pihak kedutaan negara terkait.

4. Persiapkan Anak untuk Menjawab Pertanyaan dari Petugas Imigrasi

tempat wisata di dunia

Persiapkan anak

Agar lebih aman, saat mengantre di konter imigrasi pastikan anak selalu berada dekat dengan Anda. Ketika prose pemeriksaan, petugas imigrasi mungkin saja akan menanyakan beberapa pertanyaan pada si kecil. Misalnya saja tentang negara tujuan atau dengan siapa mereka berangkat. Meski tidak semua negara memberlakukan aturan yang sama, tapi pastikan Anda mempersiapkan si kecil untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan oleh petugas konter imigrasi.

5. Persiapkan Uang Tunai Secukupnya

tempat wisata di dunia

Persiapkan uang tunai

Menukar uang di bandara saat tiba di negara tujuan memang bisa saja Anda lakukan. Tapi biasanya nilai kurs-nya akan jauh lebih tinggi. Karena itu sebaiknya lakukan penukaran sejak masih di Indonesia. Selain menyiapkan uang tunai dalam jumlah cukup, jangan lupa juga bawa kartu kredit dan debit untuk berjaga-jaga.

6. Persiapkan Akomodasi

tempat wisata di dunia

Persiapkan akomodasi

Persiapan yang tak kalah penting selain dokumen dan barang bawaan adalah akomodasi. Selain mencari penginapan yang terjangkau dan ramah anak, menginap di hotel yang dekat dengan destinasi wisata tentu akan sangat memudahkan Anda serta dapat memotong biaya transportasi. Agar tidak kebingungan, ada baiknya melakukan pemesanan sejak masih di Indonesia. Memesan penginapan mendadak selain harganya lebih mahal, kemungkinan besar Anda akan kesulitan dapat hotel yang sesuai kriteria.

7. Pelajari Bahasa Negara Tujuan

tempat wisata di dunia

Pelajari bahasa

Selain bahasa Inggris, mempelajari kosa kata dan dialog sederhana dengan menggunakan bahasa negara tujuan juga tidak kalah penting. Terutama bagi si kecil jika mereka ingin berinteraksi dengan orang-orang yang ada di negara tujuan. Ini juga akan sangat membantu seandainya mereka tersesat atau terpisah dari Anda.

Rekomendasi Tempat Wisata di Dunia yang Cocok Dikunjungi Bersama Anak

Pada dasarnya setiap negara memiliki destinasi ramah anak yang cocok dikunjungi saat berlibur. Namun ada beberapa negara yang direkomendasikan sebagai tujuan karena memiliki kota-kota dan tempat wisata yang dianggap kids friendly. Lantas, negara mana saja yang bisa Anda pilih?

  • Vietnam

tempat wisata di dunia

Vietnam adalah negara yang cocok dikunjungi bersama anak terutama jika mereka menyukai pantai, sejarah dan alam. Salah satu destinasi yang cocok didatangi oleh pencinta petualangan antara lain adalah Delta Mekong. Di sana, Anda dan keluarga bisa naik kano, menyusuri desa di sana kemudian mempelajari tentang sejarah perang Vietnam yang terkenal.

  • Prancis

tempat wisata di dunia

Prancis merupakan negara yang kaya akan wisata budaya sekaligus museum-museumnya yang artistik. Meskipun terkenal sebagai negara romantis yang cocok dikunjungi bersama pasangan, namun salah satu tempat wisata di dunia yang wajib dikunjungi yakni Menara Eiffel merupakan landmark yang menarik bagi anak-anak. Terutama saat lampu-lampunya menyala cantik di malam hari.

Salah satu destinasi yang tidak boleh dilewatkan saat ke Prancis adalah Disneyland Paris. Meskipun ukurannya lebih kecil daripada Disneyland yang beberapa negara lain seperti Amerika, namun kunjungan ke sana dipastikan tidak akan terlupakan.

  • Uganda

tempat wisata di dunia

Uganda merupakan negara dengan paket lengkap untuk liburan. Dilansir dari situs traveling Wanderlust, Uganda berhasil merajai survei sebagai negara yang paling ramah terhadap anak-anak. Penduduk setempat dinilai sangat hangat terhadap anak-anak dari segala rentang usia.

Soal tempat wisata di dunia, Uganda juga tentu punya pesona tersendiri. Terutama bagi Anda yang menyukai wisata alam liar. Taman Nasional Bwindi Impenetrable merupakan rumah bagi salah satu kelompok gorilla terbesar. Sementara itu Taman Nasional Kibale menjadi tempat hidup bagi simpanse. Macan tutul dapat ditemukan di Taman Nasional Queen Elizabeth. Jika ingin berkemah, Danau Victoria dan Air Terjun Murchison bisa jadi pilihan.

  • Taiwan

tempat wisata di dunia

Taiwan memperoleh skor tertinggi sebagai negara yang paling concern terhadap keselamatan anak. Skornya bahkan menjadi yang tertinggi di Asia Timur. Negara ini cocok jadi tujuan kalau anak yang akan Anda bawa berusia menjelang remaja. Taiwan terkenal sebagai negara asal bubble tea yang kini sedang hype di Indonesia.

Taiwan tentu saja lebih dari sekadar minuman kekinian dan kafe-kafe unik yang tersebar di penjuru negeri. Pasar malamnya menjadi daya tarik yang tentu tak boleh dilewatkan. Jika ingin merasakan keindahan panorama alamnya, ada barisan gunung yang spektakuler siap dijelajahi baik dengan berjalan kaki atau bersepeda.

Taiwan juga tampaknya tahu bagaimana membuat anak-anak merasa excited untuk berkunjung. Salah satunya dengan menyiapkan Modern Toilet Restaurant yang unik dan juga mengesankan.

  • Costa Rica

tempat wisata di dunia

Sebagai destinasi wisata klasik, nama Costa Rica mungkin tak terlalu familier di telinga Anda. Tapi jangan salah, negara ini terkenal dengan cuacanya yang hangat dan kemampuannya membuat wisatawan merasa seperti sedang berada di rumah sendiri. Keanekaragaman hayatinya siap menyambut Anda sekeluarga saat berkunjung ke sini.

Menjelajahi hutan, gunung berapi dan sungai-sungainya bak sedang berjalan-jalan di sebuah taman hiburan raksasa nan alami. Hutan dengan kabut yang melingkupi bisa dieksplorasi sembari berjalan di atas trotoar atau jembatan gantung. Jangan lewatkan juga kesempatan melihat kura-kura di Tortuguero dan kolibri di Monteverde. Semuanya merupakan perpaduan sempurna untuk pengalaman terbaik liburan bersama keluarga.

  • Thailand

tempat wisata di dunia

Tidak ada budaya luar negeri yang lebih menarik untuk anak-anak selain Thailand. Negara ini tak hanya terkenal dengan keramahan penduduknya, tapi juga nuansa khas yang tidak akan Anda temukan di tempat lain. Mulai dari pengemudi tuk-tuk yang berlalu lalang hingga biarawan berjubah oranye adalah pemandangan yang akan membuat kunjungan selama liburan di Thailand semakin berkesan. Ini merupakan ciri khas paling otentik dari kehidupan masyarakat negara gajah putih itu.

Thailand juga dinilai sebagai negara yang cocok untuk wisata keluarga. Berbagai destinasi menarik seperti kuil, pantai dan penangkaran margasatwa tersedia di sana. Infrastruktur di negara tersebut pun sudah berkembang dengan baik sehingga bepergian bersama anak-anak di sana jadi semakin mudah. Kecintaan Thailand terhadap anak-anak dibuktikan dengan adanya perayaan Hari Anak Nasional yang jatuh pada bulan Januari. Pada Sabtu kedua di bulan ini, anak-anak bebas menikmati beragam kegiatan dan naik transportasi dengan gratis di seluruh negara.

  • Yunani

tempat wisata di dunia

Keluarga merupakan salah satu batu fondasi yang mendukung kehidupan masyarakat Yunani. Tak heran jika kunjungan untuk liburan keluarga disambut hangat di sini. Makanan menjadi salah satu sarana yang menyatukan anak-anak di sini. Begitu meja panjang berisi aneka hidangan dipasang, anak-anak akan berlarian bebas dan berkenalan dengan teman-teman baru.

Hal semacam ini bukanlah pemandangan yang umum ditemukan di negara-negara Eropa. Pasalnya, kebanyakan mereka menganggap anak-anak adalah pengganggu yang merepotkan. Sementara di Yunani, anak-anak disambut gembira termasuk untuk beragam kegiatan. Beberapa destinasi terbaik di negara ini yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga antara lain ibu kota Athena yang merupakan bekas kota kuno. Masih ada Santorini, Mykonos, hingga Crete yang juga tak boleh lupa dimasukkan ke dalam itinerary.

Itulah beberapa rekomendasi negara terbaik yang bisa Anda kunjungi bersama anak-anak saat liburan sekolah. Pastikan Anda melibatkan mereka dalam pengambilan keputusan agar perjalanan berjalan lancar dan mengesankan.

Tips Liburan yang Nyaman Bersama Anak ke Luar Negeri

Tak hanya persiapan saja yang penting, saat di negara tujuan Anda juga harus memerhatikan banyak hal agar perjalanan bisa berlangsung aman, nyaman dan menyenangkan. Simak tipsnya berikut ini!

1. Pastikan Anda Membawa Semua Kebutuhan Anak

tempat wisata di dunia

Anak-anak, terutama yang masih berusia setingkat sekolah dasar memiliki mood yang kadang tidak terduga. Selain membawa pakaian yang nyaman untuknya, jangan lupa juga membawa kebutuhan lain seperti makanan. Pastikan stok camilan kesukaannya sudah masuk koper agar Anda tak kelimpungan nanti. Apalagi kalau negara yang dituju tidak punya makanan sejenis.

Selain membawa stok makanan kesukaan si kecil dalam jumlah cukup, Anda juga bisa berjaga-jaga dengan membawa mainan atau buku kesukaannya. Ini penting agar ketiga mood si kecil memburuk, Anda bisa membujuk dan memperbaikinya dengan barang kesayangannya.

2. Buat Itinerary yang Masuk Akal

tempat wisata di dunia

Saat melihat daftar tempat wisata di dunia yang ada di negara tujuan, Anda mungkin akan langsung berpikir untuk mengunjungi semuanya. Kalau Anda punya anak yang sudah beranjak remaja, hal ini mungkin tidak terlalu sulit untuk diwujudkan. Lain halnya jika anak masih berusia di bawah 10 tahun. Mereka umumnya mudah lelah dan mudah bosan. Memaksakan datang ke banyak tempat sekaligus bisa saja membuat mereka malah jadi kelelahan. Karena itu, rancanglah itinerary yang masuk akal dan nyaman serta sesuai dengan kondisi anak.

3. Perhatikan Aturan di Setiap Destinasi yang Dituju

tempat wisata di dunia

Beberapa negara dan tempat wisata umumnya memiliki aturan yang berbeda-beda. Di Thailand misalnya, ada tempat yang tidak boleh dimasuki dengan menggunakan alas kaki. Aturan-aturan semacam ini harus Anda perhatikan dan informasikan kepada si kecil. Jangan sampai Anda lupa dan berakhir membuat anak berada dalam masalah.

4. Kenakan Pakaian yang Sesuai dengan Kondisi Negara Tujuan

tempat wisata di dunia

Kalau negara yang ingin dikunjungi memiliki iklim yang sama dengan Indonesia, Anda mungkin tidak terlalu sulit menyesuaikan diri. Tinggal mengenakan pakaian yang biasa dipakai saat di tanah air saja. Tapi jika negara yang didatangi sedang mengalami musim berbeda, pastikan anak mengenakan pakaian yang sesuai. Jangan sampai mereka jatuh sakit di perjalanan karena Anda memilih pakaian yang salah. Usahakan juga memilih baju yang cocok dengan aktivitas yang akan dilakukan demi kenyamanan si kecil.

5. Jangan Lupa Membawa Makanan Kecil, Minuman dan Obat-obatan ke Manapun Anda Pergi

tempat wisata di dunia

Saat ingin berkeliling melihat-lihat tempat wisata di dunia di negara yang Anda kunjungi, selain memastikan identitas ada di dalam tas, jangan lupa untuk mengemas makanan kecil dan minuman. Ini penting untuk berjaga-jaga seandainya anak lapar atau haus sementara di tempat yang sedang Anda kunjungi tidak ada pedagang makanannya. Kalau si kecil atau Anda dan pasangan punya penyakit khusus, jangan lupa juga untuk membawa obatnya. Kotak P3K mini juga boleh dimasukkan ke dalam ransel saat berkeliling.

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata di dunia yang bisa Anda kunjungi bersama anak-anak saat liburan sekolah. Beberapa hal terkait persiapan sebelum bepergian dan tips perjalanan juga dapat menjadi bekal yang akan membantu agar traveling berjalan lancar dan nyaman. Butuh informasi lain seputar traveling dan rekomendasi negara tujuan? Temukan semuanya hanya di RCK Trip.