Hoi An adalah salah satu kota indah di Vietnam. Letaknya ada di pantai timur Vietnam, dekat sama Da Nang hanya sekitar 30 km saja. Buat kamu yang suka bangunan kuno dan tempat-tempat bersejarah, jangan sampai terlewat untuk berkunjung ke tempat wisata di Hoi An Vietnam.

Hoi An juga nggak kalah seru sama tempat lain di Vietnam. Bagi kamu yang ingin jalan-jalan ke Vietnam dan suka sejarah, ini dia rekomendasi tempat wisata di Hoi An Vietnam 2023!

1. Kota Tua Hoi An

Kota Tua Hoi An

Seluruh pusat kota tua Hoi An sekarang sudah jadi Situs Warisan Dunia UNESCO, loh. Ada lebih dari 30 hektar dan 1.107 bangunan kayu yang ngebuat peninggalan sejarah ini tetap terjaga banget.

Di sini, kamu bisa lihat bangunan keagamaan, monumen, dan rumah-rumah keluarga. Kalo lagi jalan-jalan di sekitar sini, pasti deh rasanya kayak balik ke zaman dulu. Jalanannya dipenuhi sama rumah-rumah kayu dan bata dari abad ke-15 sampai ke-18 yang tersusun rapi, termasuk Jembatan Jepang yang terkenal.

2. Phung Hung House

Phung Hung House

Mungkin rumah ini adalah bangunan paling terkenal di Hoi An. Uniknya, Phung Hung House ini sudah berdiri selama 200 tahun, lho. Awalnya, rumah ini milik pedagang yang berjualan rempah-rempah, sutra, dan barang pecah belah.

Tempat wisata di Vietnam ini seperti keajaiban arsitektur sendiri. Ada sekitar 80 tiang yang kokoh dan didukung oleh dasar berbentuk teratai agar tiang-tiangnya tetap kering dan aman dari rayap. Keren, kan?

3. Kuil Quan Cong

Tempat Wisata di Hoi An Vietnam

Quan Cong punya kuil yang unik, karena kuil ini dibangun bukan untuk dewa, tapi untuk jenderal. Kuil ini jadi tempat punya dekorasi yang cukup mencolok dan dianggap sebagai Situs Sejarah dan Budaya Nasional.

Sebelum kamu masuk ke halaman kuil, kamu akan terlebih dahulu disambut oleh gerbang Cina yang besar dan dihias dengan warna-warna cerah. Di dalam kuil, kamu akan menemukan berbagai puisi tentang kesetiaan dan kebenaran yang menghiasi dinding.

4. Pantai An Bang

Pantai An Bang

Selain mengunjungi bangunan-bangunan kuno, kamu juga bisa menikmati keindahan alam Hoi An dengan berkunjung ke Pantai An Bang. Ini adalah tempat wisata di Hoi An yang bagus yang berlokasi di dekat pusat kota.

Di sana, kamu bisa menikmati pasir putih. Pemandangannya keren banget dengan lautan luas dan pulau-pulau Cham di kejauhan. Ada resor, restoran, dan hiburan juga, tapi pantainya tetap adem dan alami. Buat yang suka selancar, ombaknya oke banget, apalagi saat bulan September sampai Maret.

5. Street Market Hoi An

Street Market Hoi An

Kalau kamu cuma ingin melihat bagaimana warga setempat belanja, belanja beberapa oleh-oleh, atau mencicipi makanan lokal, wajib banget mampir ke salah satu pasar di kota ini.

Pasar Sentral Hoi An yang dekat sungai adalah pasar paling besar dan ramai. Di sana, selain ikan segar dan bahan makanan, mereka juga menjual baju, oleh-oleh, dan kerajinan tangan. Bahkan, ada juga yang menjual peralatan rumah dan barang bekas.

Itu dia 5 tempat wisata di Hoi An Vietnam yang pastinya sayang banget kalau kamu lewatkan. Jadi, mau ke mana dulu, nih? Jangan lupa juga untuk cobain makanan lokal di Hoi An, kayak Rose Dumplings dan juga Cao Lau.