Sebagai kota yang melintasi dua benua, Istanbul di Turki benar-benar merupakan tempat pertemuan Timur dan Barat. Pertemuan dua budaya ini menjadikan tempat wisata di Istanbul begitu memikat. Tidak salah jika begitu banyak orang datang ke kota ini.

Kota ini memiliki sejarah yang panjang dan banyak sekali atraksi budaya. Dengan perpaduan destinasi populer dan permata tersembunyi, beberapa wisata di Istanbul terbaik untuk dikunjungi ini pasti akan membuat RCK Lovers bersemangat.

1. Hagia Sophia

Hagia Sophia

Hagia Sophia merupakan monumen berbentuk kubah yang awalnya dibangun sebagai katedral, namun kini telah berubah menjadi museum. Ini adalah salah satu tempat terbaik di Istanbul di mana kamu dapat menyaksikan pengaruh Bizantium dan Ottoman di bawah satu kubah.

Di sini kamu dapat menyaksikan perpaduan unik antara agama Kristen dan Islam. Para pengunjung juga bisa memberikan penghormatan kepada lima sultan yang makamnya berada di kompleks ini.

2. Masjid Biru

Masjid Biru

Destinasi wisata Istanbul ini adalah masjid bersejarah yang menampilkan eksterior sangat montok dan enam menara ramping. Julukannya berasal dari ubin Blue Iznik yang menghiasi interior masjid.

Tempat ini menjadi salah satu tempat paling populer dan menarik banyak pengunjung karena keindahannya yang menakjubkan. Atraksi ikonik ini wajib kamu kunjungi. Di sini kamu bisa menikmati keindahan, budaya dan tradisi Kekaisaran Ottoman Islam.

3. Grand Bazaar 

Grand Bazaar

Kompleks perbelanjaan raksasa ini, menjadi salah satu pusat perbelanjaan pertama di dunia. Sejarahnya bermula pada tahun 1400-an dan wajib kamu kunjungi ketika berada di Turki.

Saat ini pasar tersebut memiliki lebih dari 60 jalan setapak tertutup dan lebih dari 4.000 toko. Ini jelas merupakan tempat yang bagus untuk para shopaholic.

4. Menara Galata

Menara Galata

Dengan gaya Romawi, menara ini berdiri setinggi hampir 67 meter dan terlihat dari jauh sebagai fitur menonjol di cakrawala Istanbul. Kamu bisa menaiki menara dengan lift dan menikmati pemandangan dari area observasi.

Pemandangannya mencakup semenanjung, kota tua dan Bosporus. Kamu akan dengan mudah dapat melihat banyak bangunan penting di kota ini dari posisi tinggi.

5. Basilica Cistern 

Basilica Cistern

Ini adalah waduk bawah tanah terbesar yang menjadi keajaiban teknik Bizantium dan memberi kamu kesempatan belajar kehidupan tokoh besar di masa lalu. Salah satu daya tarik yang paling menonjol dari waduk ini adalah kolom mata ayam yang memiliki motif tetesan air mata.

Begitu kamu memasuki waduk ini, kamu akan terpesona dengan ukurannya. Bayangkan saja ruangan besar yang kamu lewati jalani di antara tiang-tiangnya dan dapat menampung lebih dari dua ratus orang pernah terisi air.

Itulah beberapa referensi tempat wisata di Istanbul untuk kamu kunjungi. Tertarik melancong ke sana?