Saat mendengar kata Malioboro, yang pertama kali terlintas dalam pikiran kamu pasti kota Jogja yang keren. Tapi, selain Malioboro, masih ada banyak tempat wisata di Jogja untuk keluarga yang seru dan sayang banget kalau kamu lewatkan.

Nih, buat kamu yang baru pertama kali nyoba liburan di sini, artikel ini bakal bantu banget. Biar nggak bingung, yuk cek rekomendasi tempat wisata keluarga di Jogja 2023 berikut!

1. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo

Buat kamu yang suka banget sama sejarah, jangan lupa mampir ke Museum Sonobudoyo. Di sana, ada banyak koleksi dari jaman batu sampai peralatan perang sewaktu zaman kemerdekaan.

Di sana juga ada alat buat pentas wayang, mulai dari wayang kulit, wayang orang, sampai wayang topeng panji.

Alamat Jl Panarukan No. 06, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp10.000 (wisatawan asing)

Rp3.000 (orang dewasa)

Rp2.000 (anak-anak)

Jam Buka 08.00-16.00 WIB

2. Taman Sari

Taman Sari 

Taman Sari dulunya hanya untuk raja mandi saja. Akan tetapi, sekarang justru jadi tempat wisata di Jogja yang super asik. Pemandangannya sangat keren dan pasti membuat mata kamu senang. Harga tiket masuknya juga nggak mahal banget, jadi cocok jika kamu bawa rombongan sekeluarga.

Alamat Patehan, Kraton, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp5.000
Jam Buka 09.00-15.00 WIB

3. Taman Pintar

Taman Pintar 

Mau ajak keluarga jalan-jalan ke Jogja yang seru? Kamu bisa ajak ke Taman Pintar! Di sini, anak-anak bisa asyik main sepuasnya dan belajar, seperti contohnya dengan melihat bintang di Planetarium.

Yang seru lagi, harganya juga ramah di kantong. Karena kamu hanya bayar sesuai yang kamu kunjungi saja. Jadi, siap-siap untuk buat momen menyenangkan bareng keluarga di tempat wisata anak di Jogja ini.

Alamat Jl Panembahan Senopati, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta
Tiket Masuk Mulai dari Rp6.000
Jam Buka 08.30-16.00 WIB

4. Keraton Yogyakarta

Tempat Wisata Anak di Jogja 

Setelah dari Malioboro, jangan lupa mampir ke Keraton Yogyakarta! Pasalnya, keraton ini sudah berdiri lebih dari 250 tahun dan pesonanya masih terus mempesona sampai sekarang.

Di sini, sebagian lahan masih ditempati sama keluarga kerajaan, tapi ada juga bagian yang bisa kamu eksplorasi buat jalan-jalan. Meskipun mungkin kamu bukan orang keraton, tapi mampir ke sini bisa membuat kamu merasakan vibe kerajaan. Mantap, kan?

Alamat Jl Jenderal Sudirman, Gowongan, Jetis, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp15.000 (turis asing), Rp7.500 (wisatawan domestik)
Jam Buka 09.00-14.00 WIB

5. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia. Ini candi keren yang dibangun pada zaman jaman abad ke-9. Lokasinya sekitar 17 km dari pusat Yogyakarta.

Di sini, kamu bakal nemuin tiga candi utama, yaitu Candi Shiva, Candi Vishnu, dan Candi Brahma, ditambah beberapa candi kecil yang lainnya. Nggak kalah seru untuk dijelajahi, deh!

Alamat Jl Jenderal Sudirman, Gowongan, Jetis, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp15.000 (wisatawan asing), Rp7.500 (wisatawan lokal)
Jam Buka 09.00-14.00 WIB

Jadi, jika kamu sedang cari tempat wisata di Jogja untuk keluarga, pastikan buat coba semua pilihan seru di atas. Jangan lupa juga untuk mengisi perut dengan berbagai kuliner Jogja yang terkenal. Dijamin deh, liburan keluarga kamu di Jogja bakal seru dan penuh kenangan. Pasti sudah nggak sabar, kan?