The Hofburg merupakan bekas istana kekaisaran yang berada di tengah kota Wina, Austria. Istana ini dibangun di abad ke-13, kemudian diperluas hingga beberapa kali.

Bangunan ini awalnya merupakan titik utama kekuasaan bangsa Habsburg, yang di masa kini menjadi kediaman dan tempat kerja resmi Presiden Austria.

Sejarah The Hofburg

Di masa lalu, The Hofburg Palace merupakan istana musim dingin untuk kekaisaran. Semenjak 1279, wilayah tersebut menjadi lokasi pusat pemerintahan. Kemudian, menjadi tempat tinggal masyarakat.

Fasilitasnya sudah lengkap dengan kapel, perpustakaan, tempat harta karun, sekolah berkuda hingga kandang kuda milik kekaisaran.

Proyek perluasan bangunan ini menjadi pekerjaan beberapa arsitek. Yakni  Domenico Carlone, Lodovico Burnacini, Johann Fischer von Erlach, Joseph Emanuel Fischer von Erlach hingga Filiberto Luchese.

Setelah perluasan, kawasan ini semakin menjadi titik penting. Terutama sejak raja Habsburg dan kaisar Romawi menempati bangunan ini. Kemudian, kaisar Austria mendiami bangunan ini, dan hingga kini masih menjadi kantor pemerintahan Presiden Federal Austria.

Sejak 1958, bangunan ini sudah terbuka untuk umum, sebagai lokasi konvensi, hingga beberapa acara penting seperti pesta, pameran dagang hingga konser.

Arsitektur Bangunan The Hofburg yang Indah dan Megah

Arsitektur Bangunan The Hofburg yang Indah dan Megah

Sumber : Unsplash

The Hofburg Palace Vienna terdiri atas kompleks bangunan yang punya fungsi berbeda pada masanya. Beberapa bangunan tersebut adalah Imperial Chancellery Wing,  Swiss Wing, Court Library, Amalienburg, Stallburg dan Leopoldine Wing. 

Bangunan tersebut punya berbagai gaya desain arsitektur berdasarkan penguasanya masing-masing. Selain bangunan-bangunan yang pesona berbeda, ada beberapa koleksi berupa peninggalan berharga. Peninggalan tersebut berasal dari kekaisaran Austria dan Romawi yang pernah meninggali bangunan di sana.

Dari luar, bangunan ini terlihat seperti apartemen. Sebab, menjadi tempat tinggal para keluarga kerajaan, terutama pada musim dingin.

Tempat wisata utama dari bangunan ini adalah Silver Collection, Imperial Apartments dan Sisi Museum. Masing-masing memperlihatkan tradisi istana dan kehidupan di masa lampau.

Gedung dengan arsitektur yang indah, megah sekaligus cantik ini sangat cocok untuk menjadi spot foto. Bahkan di depan pintu gerbang bangunan sekalipun. Sangat wajib untuk para pelancong.

RCK Lovers, untuk memasuki bagian dari istana, kamu harus membayar harga normal sebesar 16 euro dan 10 euro untuk anak-anak. Kamu bisa mengakses 3 titik wisata utama The Hofburg seperti disebut di atas.