Perpustakaan Celsus menjadi salah satu bangunan kuno paling mengesankan di dunia. Bangunan ini terletak di kota kuno Efesus di Turki modern. Perpustakaan yang ada di abad ke-2 M ini pernah menjadi salah satu perpustakaan terpenting pada masanya yang memiliki ribuan gulungan dan manuskrip. 

Hari ini, The Library of Celcus menjadi objek wisata yang populer dan bukti keterampilan teknik dan artistik pada zaman dahulu.

Fungsi Perpustakaan Celsus 

Melihat Kemegahan The library of Celsus

Pada masa lalu, tempat ini menjadi pusat pembelajaran dan budaya yang penting. Sesuai namanya, perpustakaan ini dibangun oleh Gayus Julius Aquila untuk menghormati ayahnya yang juga senator Romawi, Tiberius Julius Celsus Polemaeanus setelah kematiannya. Perpustakaan dirancang untuk menampung hingga 12.000 gulungan. 

Pada zamannya, perpustakaan Celsus juga menjadi tempat Para sarjana dan filsuf berkumpul untuk bertukar pikiran dan memperdebatkan isu-isu penting. Perpustakaan itu juga merupakan rumah bagi banyak karya sastra, filsafat, dan sains yang penting. Ini menjadikannya pusat aktivitas intelektual yang penting di zaman kuno. 

Perpustakaan Celcus Pada Masa Kini

Perpustakaan Celsus yang sudah berusia lebih dari 1.800 tahun ini masih berdiri sampai sekarang, meskipun sebagian telah dipugar. Perpustakaan hancur pada abad ke-3 M, kemungkinan besar karena gempa bumi, dan tetap menjadi reruntuhan selama berabad-abad. Pada tahun 1970-an, tim arkeolog memulai proses pemulihan perpustakaan, dengan sebisa mungkin menggunakan bahan asli.

Hari ini, pengunjung Efesus dapat melihat fasad Perpustakaan yang mengesankan, dibangun kembali ke ketinggian aslinya lebih dari 16 meter. Fasad menampilkan ukiran dan pahatan yang rumit, termasuk empat sosok wanita yang mewakili kebijaksanaan, pengetahuan, kecerdasan, dan kebajikan. Perpustakaan yang dipugar juga berisi museum yang memamerkan banyak artefak yang ditemukan selama penggalian di Efesus.  

Cara Pergi ke Library of Celsus dari Bodrum

Panduan Menuju ke The library of Celsus

Jarak antara Bodrum dan Perpustakaan Celsus adalah 100 km. Jarak jalan raya adalah 161,5 km.

Cara tercepat untuk pergi dari Bodrum ke Library of Celsus adalah dengan taksi dengan biaya Rp500.000 – Rp600.000 dan memakan waktu 2 jam 11 menit. 

Cara termurah untuk pergi dari Bodrum ke Library of Celsus adalah dengan bus dengan biaya Rp150.000 – Rp210.000 dan memakan waktu 2 jam 28 menit.

Cara Pergi ke Library of Celsus dari Izmir 

Tips Liburan ke The library of Celsus

Jarak antara İzmir dan Perpustakaan Celsus adalah 56 km. Jarak jalan raya adalah 77,1 km.

Cara termurah untuk pergi dari İzmir ke Perpustakaan Celsus adalah dengan kereta dengan biaya Rp18.000 – Rp27.000 dan memakan waktu 1 jam 30 menit.

Sedangkan cara tercepat untuk pergi dari İzmir ke Library of Celsus adalah dengan taksi dengan biaya Rp550.000 – Rp700.000 dan memakan waktu 53 menit. 

Nah, RCK Lovers tertarik berkunjung ke Library of Celsus? Catat jam bukanya ya, kamu bisa datang dari jam 08.00 hingga jam 19.00. Update juga berbagai informasi wisata lain dalam dan luar negeri hanya di RCKTrip