The Rhine Falls atau Rheinfall merupakan wisata alam dengan panorama luar biasa. Selain pemandangannya yang menawan, ternyata Rhein merupakan air terjun terbesar di Eropa dan merupakan air terjun terluas di Swiss.

 

Air Terjun Rhein, Niagaranya Swiss

Rheinfall berlokasi di perbatasan antara Schaffhausen dan Zürich di Swiss utara. Air terjun ini berjarak sekitar 25 km dengan batas Jerman sisi selatan. Desa terdekatnya adalah Neuhausen. Rheinfall berjarak sekitar satu kilometer dari desa terdekat, sementara kota terdekatnya, Schaffhausen berjarak 3,5 km.

Airnya mengalir dari ketinggian 23 meter dengan lebar 150 meter, kedalaman 13 meter, dan debit air rata-rata 600 m3/detik. Membayangkannya mungkin membuat RCK Lovers ngeri, tapi ketika melihat pemandangannya, dijamin akan RCK Lovers akan terpesona.

Pemandangan semakin terasa seperti negeri dongeng karena sisi-sisi air terjun masih didominasi oleh pepohonan hijau asri. Kemudian, disisi lain berdiri jembatan dengan rel kereta api yang bertujuan ke kastil Laufen.

Karena pemandangan indah inilah membuat wisatawan dan pecinta alam berbondong-bondong datang untuk menikmati keindahannya.

 

Bagaimana Menuju The Rhine Falls?

Ada beberapa cara untuk mengunjungi air terjun Rhine, yaitu menggunakan mobil, kereta, atau mengikuti day trip.

Di sekitar sisi sungai pun tersedia lahan parkir untuk kamu yang sudah berencana mengunjunginya. Sisi utara, Schlössli Wörth dengan biaya CHF 5 untuk satu jam pertama, setelahnya akan dikenakan biaya CHF 2.

Sementara sisi selatan ada kastil Laufen yang membebaskan biaya parkir untuk para pelancong.

Bagi penyandang disabilitas atau pengguna kursi roda, kamu bisa parkir di area bank utara karena lokasinya persis di sisi kolam dan tersedia lift kursi roda. Selain itu, tersedia fasilitas khusus untuk menuju ke dermaga kapal.

Untuk kamu yang berencana menaiki kereta, bisa melalui stasiun Neuhausen am Rheinfall di utara atau Schloss Laufen am Rheinfall di selatan. Setelah tiba di stasiun pemberhentian, kamu tinggal jalan kaki menuju air terjun.

 

Aktivitas di Air Terjun Rheinfall

Di sini tersedia anjungan untuk menikmati kecantikan The Rhine Fall. Selain itu, ada juga paket pelayaran pada bulan April–November.

Kemudian, tersedia jembatan dengan jalur rel kereta dan jalur pejalan kaki melintasi sungai, tepat di atas air terjun.

Panorama ketika malam hari pun tak kalah menakjubkan. Sementara pada bulan Juli, tepatnya tanggal 31 ada pesta kembang api besar di sini.

Di sisi lain, ada juga tur kano pada bulan April–Oktober, hiking, atau bersepeda.

Bagaimanapun caramu ke sini, dengan mobil atau kereta, satu hal yang tidak akan kamu lupakan dari The Rhine Falls adalah kejernihan dan kekuatan air yang mengalir dari air terjun melintasi Sungai Rhine dengan sisi-sisi asri yang cantik dan menawan.

Oh ya, info lain terkait informasi wisata dan kuliner dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk mampir atau menghubungi RCKTrip.com, ya!