Liburan ke Eropa menjadi mimpi banyak traveler tanah air. Apalagi, destinasi yang bisa dipilih sangat beragam, mulai dari Paris, London, Praha, Amsterdam, Roma, serta beberapa kota besar lain. Selain menyediakan pilihan destinasi populer kota-kota besar tersebut, Anda dapat pula memilih untuk liburan ke destinasi yang anti-mainstream. Salah satunya adalah alternatif berkunjung ke negara kecil yang wilayahnya dikelilingi Italia, yakni San Marino.

San Marino dikenal sebagai negara terkecil kelima dunia, dengan luas wilayah hanya 61,2 km persegi. Teritori negara ini hanya setengah dari total luas Kota Bogor yang mencapai 118,50 km persegi. Dengan luas teritori yang sangat kecil tersebut, Anda tidak akan membutuhkan waktu lama untuk bisa menjelajahi San Marino.  Ditambah lagi, pengalaman berkeliling San Marino bakal memberi nuansa liburan berbeda dibandingkan dengan negara Eropa lain.

Kenapa Harus ke San Marino?

San Marino

San Marino

Anda mungkin bertanya-tanya, kenapa harus menyempatkan waktu liburan ke San Marino? Apalagi, masih banyak destinasi yang jauh lebih populer dibandingkan negara kecil ini. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada 3 alasan utama yang membuat Anda bakal tertarik mengunjungi San Marino, yaitu:

  1. Negara dengan sejarah panjang

San Marino merupakan negara dengan sejarah yang sangat panjang. Bahkan, negara ini dikenal sebagai negara republik tertua dunia, berdiri sejak 3 September 301. Tidak hanya itu, bangunan penting yang memiliki nilai sejarah tinggi di San Marino juga masih terjaga dengan baik.

  1. Akses transportasi yang mudah

Meski berstatus sebagai negara kecil, akses transportasi menuju San Marino cukup terjangkau. Anda dapat mengunjungi negara ini dengan terlebih dahulu menjejakkan kaki di Italia. Dari Italia, perjalanan bisa dipilih melalui berbagai jalur. Akses terdekat dapat dilakukan lewat Rimini, hanya perlu perjalanan naik bus 30 menit. Selain itu, ada pula alternatif melalui Bologna (1,5 jam) dan Florence (2,5 jam).

  1. Pemandangan alami

Alasan ketiga, San Marino memiliki pemandangan alam yang meneduhkan pandangan, sangat tepat dijadikan sebagai tempat untuk bersantai. Banyak wilayah yang masih asri dengan bukit indah, serta dihiasi dengan benteng megah dan perkebunan anggur. Suasananya mirip dengan Tuscan, Italia, tetapi menawarkan suasana lebih lengang.

Berapa Lama Waktu Liburan ke San Marino?

San Marino

Liburan ke San Marino

Tips wisata dan panduan lengkap liburan ke San Marino selanjutnya adalah terkait waktu yang dihabiskan. Kalau memilih berlibur ke San Marino, Anda akan menjumpai tawaran tur wisata untuk setengah hari ataupun satu hari. Durasi liburan tersebut sudah mencukupi untuk menjelajah destinasi menarik di San Marino.

Hanya saja, untuk pengalaman liburan yang lebih menyenangkan, sediakan waktu setidaknya satu hari. Dengan begitu, Anda punya kesempatan menginap di negeri republik tertua dunia ini. Bayangkan, Anda bermalam di wilayah bernuansa Eropa pertengahan, dengan bangunan tua serta kastil megah.

Aktivitas dan Destinasi Wajib di San Marino

Buat Anda yang sudah penasaran dengan keunikan San Marino, berikut ini 5 destinasi serta aktivitas wajib yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Piazza della Liberta dan Palazzo Pubblico

San Marino

Piazza della Liberta

Destinasi pertama adalah Piazza della Liberta yang tak ubahnya seperti alun-alun San Marino. Di sini, terdapat bangunan Palazzo Pubblico yang berfungsi sebagai gedung parlemen. Kalau beruntung, Anda dapat melihat upacara pergantian petugas jaga dan bahkan bertemu Presiden San Marino di sini.

  1. Citta di San Marino

San Marino

Citta di San Marino

Citta di San Marino menawarkan pemandangan berupa jalanan bergaya medieval yang disertai bangunan bersejarah, museum, toko suvenir, dan sebagainya. Anda dapat puas menelusuri labirin di Citta di San Marino dengan berjalan kaki.

  1. Three Towers of San Marino

San Marino

Three Towers

Tips wisata ke San Marino tidak akan terasa lengkap kalau tanpa mengunjungi tiga menara yang menjadi ikon dari negara ini. Tiga menara tersebut adalah Guaita, Cesta, serta Montale. Ketiganya merupakan simbol kebebasan serta kemerdekaan San Marino.

  1. Passo delle Streghe

San Marino

Passo delle Streghe

Saat menelusuri Three Towers, Anda juga berkesempatan untuk menyaksikan salah satu pemandangan terindah di San Marino, yakni saat melewati Passo delle Streghe. Tempat ini merupakan jalur yang menghubungkan antara Cesta Tower dan Guaita Tower.

  1. Basilica di San Marino

San Marino

Basilica

Terakhir, ada pula destinasi wajib Basilica di San Marino. Bangunan ini merupakan gereja yang dibangun pada abad ke 19 dan didedikasikan untuk Saint Marinus yang merupakan pendiri San Marino.

Itulah tips wisata serta panduan lengkap bagi Anda yang berencana liburan ke San Marino. Anda juga dapat menemukan banyak tips serta destinasi liburan seru lainnya di RCK Trip.

Selamat berlibur, ya!