Tingginya angka kriminalitas membuat Meksiko menjadi salah satu negara di Amerika Latin yang dihindari wisatawan luar negeri. Padahal, seperti kebanyakan negara latin lainnya, Meksiko memiliki pesona dan keindahan alam yang sangat mengagumkan.

Bagi Anda yang berencana menjelajahi negara ini, sebaiknya tidak usah terlalu khawatir. Meskipun ada sejumlah kriminalitas yang terjadi, yang mungkin juga terjadi di negara lain, bukan berarti Meksiko tidak aman bagi para wisatawan. Ada beberapa tips traveling perjalanan jauh yang bisa Anda ikuti untuk mendapatkan liburan yang aman dan menyenangkan.

Berikut ulasannya,

  1. Bawa Sedikit Barang

Tips Traveling Perjalanan Jauh

Bawa Sedikit Barang

Banyaknya barang yang dibawa memperbesar risiko Anda terkena sasaran kejahatan saat liburan. Jika ingin berkunjung ke Meksiko, bawalah barang yang benar-benar penting dan dibutuhkan. Tidak hanya lebih aman, langkah ini juga akan mempermudah mobilitas Anda selama menjelajahi Meksiko.

Jangan lupa untuk meletakkan barang-barang berharga di satu tempat yang aman jika ingin ditinggalkan di penginapan. Adapun saat bermobilitas, pastikan barang bawaan penting berada di tas yang aman dan mudah dijangkau sewaktu-waktu, seperti misalnya di dalam waist bag atau ransel berukuran sedang yang bisa digendong di bagian depan.

  1. Riset Tempat Wisata dan Hotel yang Akan Dikunjungi

Tips Traveling Perjalanan Jauh

Riset Tempat Penginapan

Sebelum berwisata ke Meksiko, tidak ada salahnya untuk mencari tahu informasi tentang reputasi hotel yang akan dijadikan tempat menginap, termasuk spot wisata yang akan dikunjungi. Riset ini merupakan salah satu cara cerdas berwisata jarak jauh yang bisa Anda lakukan demi kenyamanan.

Lakukan riset melalui internet untuk mengetahui daerah mana saja yang rawan di negara ini. Pastikan juga Anda tahu nomor darurat seperti kantor polisi, rumah sakit, atau nomor teleponon kedutaan. Hal ini diperlukan untuk berjaga-jaga, agar ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, masalah Anda bisa ditangani oleh pihak yang berwajib dengan segera.

  1. Jangan Menyimpan Banyak Uang di Satu Tempat

Tips Traveling Perjalanan Jauh

Bawa Uang Secukupnya

Tips traveling perjalanan jauh lainnya adalah hindari membawa atau menyimpan uang dalam jumlah banyak di satu tempat. Jika memungkinkan, gunakan kartu kredit atau debit pada setiap transaksi di Meksiko sehingga Anda hanya perlu membawa sedikit uang tunai.

Selain memancing tindakan kriminalitas, menyimpan uang dalam jumlah besar di satu tempat juga akan membatasi mobilitas dan ruang gerak kita. Dalam beberapa kasus, hal ini juga bisa menjadi pemicu timbulnya masalah lain seperti dugaan penyelundupan atau berisiko dicurigai sebagai salah satu mafia obat-obatan terlarang.

Meksiko termasuk salah satu negara dengan angka peredaran narkoba yang cukup tinggi di dunia. Jadi membawa uang dalam jumlah banyak dan menimpannya di satu tempat bukanlah tindakan yang bijaksana.

  1. Manfaatkan Asuransi Perjalanan

Tips Traveling Perjalanan Jauh

Travel Insurance

Mengeluarkan sedikit dana untuk polis asuransi selama perjalanan kita ke Meksiko bukanlah ide yang buruk. Mengingat asuransi tersebut dapat menjamin keselamatan jiwa dan barang bawaan selama melakukan perjalanan. Fasilitas asuransi jiwa biasanya bisa kita dapatkan dari agen travel yang mengatur perjalanan.

Jika perjalanan yang dilakukan independen dan tidak melibatkan agen travel, Anda bisa mencari informasi tentang asuransi perjalanan tepercaya melalui internet. Selain menjamin keamanan, asuransi semacam ini biasanya memberikan jaminan penggantian barang berharga yang hilang akibat pencurian, bencana alam, atau kecelakaan selama perjalan.

  1. Senantiasa Waspada

Tips Traveling Perjalanan Jauh

Selalu Waspada

Langkah pintar selama traveling jarak jauh yang terakhir adalah senantiasa waspada di mana pun berada. Perbedaan bahasa dan budaya seringkali membuat kita lengah dan kurang hati-hati.

Meskipun senantiasa waspada, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati liburan. Tetap jalani liburan dengan perasaan nyaman dan bahagia agar kunjungan ke Meksiko menjadi salah satu pengalaman menarik dalam hidup Anda.

Itulah beberapa tips traveling perjalanan jauh yang bisa Anda lakukan agar perjalanan Anda tetap menyenangkan. Untuk informasi seru tentang traveling lainnya, silakan kunjungi RCKTrip. Semoga informasi di atas bermafaat, dan selamat menjelajahi Meksiko yang menawan.