Topkapi Palace adalah lokasi yang wajib RCK Lovers kunjungi saat berlibur ke Turki. Dengan kekayaan sejarah di baliknya, keindahan museum Istana Topkapi sangat menonjol dalam segala hal. 

Lukisan indah, ornamen berharga, halaman mewah, Harem mewah, dan yang lainnya akan membuatmu ketagihan!

Daya Tarik Topkapi Palace Museum 

Kumpulan Daya Tarik Topkapi Palace Museum

Museum Istana Topkapi, Turki adalah museum di Istanbul yang memamerkan berbagai koleksi Kekaisaran Ottoman. Di perpustakaannya juga terdapat banyak koleksi buku dan manuskrip.

Pada tahun 1478 – 1856, museum ini awalnya adalah kediaman istana kekaisaran Ottoman dan merupakan kompleks istana yang berfungsi sebagai pusat administrasi. setahun setelah Republik Turki berdiri, tepatnya pada tahun 1924, barulah museum ini resmi dibuka. 

Museum Topkapi Palace tak hanya terkenal memiliki koleksi dan arsitektur unik yang membuat terkenal, tetapi juga berkat budaya dan sejarah Kekaisaran Ottoman. Di museum ini terdapat banyak koleksi, seperti: 

  • Porselen, 
  • Miniatur Ottoman, 
  • Jubah, 
  • Manuskrip kaligrafi Islam, 
  • Senjata, serta 
  • Harta dan perhiasan Ottoman lainnya. 

Kamu bisa mengunjungi perbendaharaan istana yang menyimpan koleksi menarik dari perhiasan paling terkenal dan spektakuler di dunia. Termasuk Belati Topkapi yang terkenal dan menjadi subjek film Topkapi.

Tata Letak Museum Istama Topkapi

Ketahui Tata Letak Topkapi Palace Sebelum Kesana

Gerbang Kekaisaran (Hümayun) merupakan gerbang luar pertama serta area penjaga militer. Selanjutnya, halaman pertama (Avlu) berisi beberapa monumen dan tempat bersejarah.

Struktur pertama di sebelah kiri adalah Konyali 1897 Lokantasi (Restoran). Restoran ini menawarkan masakan kerajaan Ottoman dengan pemandangan laut Marmara yang indah dan serbat istana Ottoman yang unik. 

Baris kedua adalah Museum Hagia Irene yang juga terkenal sebagai Saint Irene. Ini adalah salah satu dari sedikit gereja yang belum berubah menjadi masjid di wilayah Ottoman.  

Bangunan terakhir adalah Diaphane (Darphane-i Âmire) yang merupakan bekas percetakan kekaisaran. Diaphane menjadi tempat produksi semua koin emas dan perak Ottoman.

Cara Menuju Topkapi Palace & Harga Tiket Masuk

Panduan ke Topkapi Palace

Lokasi Topkapi Palace bisa kamu temukan di Sarayburnu. Bangunan ini menghadap ke Selat Bosphorus di semenanjung Distrik Fatih Istanbul dan Laut Marmara.

Untuk mencapai kawasan Sultanahmet, sistem transportasi umum T1 (Tram 1) adalah cara paling nyaman. Kamu hanya membutuhkan waktu 5 menit berjalan kaki dari stasiun trem Sultanahmet dan Gulhane ke Istana Topkapi. 

Jarak dari stasiun trem Gulhane ke museum hanya 600 meter sedangkan dari stasiun trem Sultanahmet berjarak 700 meter. Arahnya ini mengarah ke gerbang kekaisaran dan halaman pertama Istana Topkapi.

Apakah harga tiketnya mahal?

Tiket Topkapi Palace untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun gratis. Selain itu, tiket masuk juga GRATIS untuk pengunjung disabilitas dan satu pendamping yang merupakan kerabat.

Yuk, kunjungi Topkapi Palace dan dapatkan pengalaman luar biasa. Kamu juga bisa gabungkan dengan beberapa objek wisata lain di kota ini yang tak kalah menarik. Sebelum berangkat, simak informasi terbaru di RCKTrip.