Inggris menjadi salah satu negara di daratan Eropa yang memiliki banyak wisata yang erat kaitannya dengan sejarah. Selain kastil, alun alun tengah kota di Inggris, khususnya di London juga erat kaitannya dengan sejarah. Tempat tersebut adalah Trafalgar Square.

Tak hanya berfungsi sebagai alun-alun, tempat ini juga memiliki berbagai macam patung yang punya cerita dan sejarah tersendiri lho, RCK Lovers. Seperti apa sih tempat ini? Yuk kita intip! 

Trafalgar Square

Trafalgar Square London terletak di tengah kota London. Tempat ini sangat luas dengan tiga sisi jalanan yang mengelilingi. Terdapat banyak patung-patung yang memiliki cerita tersendiri sehingga harus terpajang dalam alun-alun tersebut. Beberapa patung seperti Patung Horatio Nelson, Patung Singa dan lain-lain.

Lalu, apa sih yang bikin patung tersebut dipajang di alun-alun trafalgar? Ternyata ada kisahnya tersendiri loh, RCK Lovers. Bagaimana kisahnya?

Sejarah Singkat

trafalgar square london

Sebenarnya, pertempuran Trafalgar pada tahun 1805 yang menjadi inspirasi terbentuknya alun-alun ini. Ini menjadi prestasi angkatan laut inggris karena memenangkan Perang Napoleon di tahun itu. Sehingga, untuk mengenang peristiwa bersejarah tersebut, terciptalah Alun-alun Trafalgar.

Sebelumnya, alun-alun ini bernama King William the Fourth’s Square. Namun, George Ledwell Taylor kurang setuju dengan nama tersebut. Setelah diskusi yang cukup panjang, maka George Ledwell Taylor menyarankan nama lain untuk alun-alun ini, yaitu Trafalgar.

Salah satu ikon yang menjadi pengingat peristiwa Trafalgar adalah patung Horatio Nelson. Nelson merupakan seorang kapten Angkatan Laut Inggris yang harus gugur dalam peristiwa pertempuran Trafalgar tersebut. Karena itulah, patung Nelson juga terpajang dalam alun-alun ini.

Ikon di Trafalgar Square

 

Ikon Trafalgar Square

Ada beberapa ikon Trafalgar Square Statue yang bisa RCK Lovers nikmati ketika berkunjung ke tempat ini. 

  1. Patung Horatio Nelson atau Nelson’s Column adalah patung untuk mengenang jasa Horatio Nelson yang gugur dalam pertempuran Trafalgar.
  2. Trafalgar Square Lions adalah patung singa yang ikonik di sini. Karya Edwin Landseer ini sebenarnya tidak memiliki cerita tertentu. Hanya saja, ini adalah permintaan dari Ratu Victoria di tahun 1858.
  3. Air mancur alun-alun Trafalgar sangat ikonik karena adanya pahatan-pahatan yang membuat air mancur mudah untuk dikenali. Selain itu, Air mancur ini sangat instagramable untuk RCK Lovers yang doyan banget foto-foto.
  4. National Portrait Gallery menawarkan lukisan-lukisan yang terpajang di sana.

Itulah beberapa hal ikonik yang ada di Trafalgar Square. Alun-alun ini bisa jadi salah satu referensi RCK Lovers ketika berkunjung ke London. Selain untuk beristirahat, tempat ini juga akan mengingatkanmu tentang sejarah besar rakyat Inggris saat perang Trafalgar.