Selama ini kebanyakan wisatawan Indonesia berpikir dua kali ketika hendak merencanakan Ramadan trip ke China. Apalagi, kalau berniat melakukan Idul Fitri travel di negara ini. Pasalnya, anggapan bahwa sulit menemukan makanan halal di Negeri Tirai Bambu ini begitu tertanam kuat.

Padahal, dari 56 suku yang tinggal di China, ada lebih dari 10 suku yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Suku Hui dan Uighur tentu paling sering disebut. Populasi suku Hui terbesar ada di Ningxia, serta beberapa provinsi lain seperti Yunnan, Qinghai, dan Gansu.

Orang China Hui mempraktikkan Islam dengan beragam tata cara tanpa meninggalkan kesalehannya. Sementara, orang Uighur lebih ketat menjalani praktik keagamaan mereka. Saat Anda berkunjung ke Xinjiang, tempat mereka tinggal, berjumpa dengan wanita berjilbab adalah hal biasa. Begitu juga dengan kumandang azan dari masjid setempat.

Lalu, adakah destinasi wisata ramah muslim di China daratan? Jawabannya tentu saja ada. Mari simak penjelasan di bawah ini.

Destinasi Wisata Ramah Muslim di China

Setiap muslim harus coba menjalani Ramadan trip ke China berkat kuliner halal menakjubkan, jejak sejarah Islam di Jalur Sutra, hingga bersua dengan komunitas muslim lokal yang unik. Maka, tak ada salahnya Anda merancang Idul Fitri travel ke negeri empat musim ini dengan melakukan kunjungan ke 6 destinasi wisata ramah muslim berikut.

Wuzhong, kampung muslim suku Hui

 

Ramadhan trip

Wuzhong

Salah satu tempat tinggal orang Hui adalah perkampungan muslim di Wuzhong, Ningxia. Seluruh penduduk kampung ini menganut Islam, sebagaimana tercermin dalam sendi-sendi kehidupan mereka sehari-hari.

Masjid, suara azan, makanan halal, pria berpeci, dan wanita berjilbab, semua merepresentasikan bagaimana ketaatan orang Hui pada Islam. Selain melihat cara mereka hidup sehari-hari, Anda juga dapat berkunjung ke sekolah muslim khusus wanita yang didirikan di sini.

Sungai Kuning di Zhongwei

Ramadhan trip

Sungai Kuning

China punya sungai terpanjang keenam di dunia, yaitu Sungai Kuning. Saat berkunjung ke Ningxia, Anda bisa coba mengarungi sungai dengan titik keberangkatan Shapotou Scenic Spot.

Secara berkelompok, wisatawan dapat naik perahu tradisional dan menyusuri sebagian ruas sungai yang terbentang sejauh 5.464 kilometer ini. Setelah berlayar, Anda juga bisa menguji nyali dengan melintasi jembatan tiga dimensi selebar 2,6 meter yang melayang setinggi 10 meter di atas Sungai Kuning.

Gurun Shapotou

Ramadhan trip

Gurun Shapotou

Masih dari titik yang sama, Anda bisa melihat langsung hamparan gurun pasir luas di Shapotou Scenic Spot. Berada di tepian Sungai Kuning, gurun ini merupakan bagian penting dari Jalur Sutra yang menghubungkan Mongolia dan China daratan.

Ada banyak cara menikmati bentangan alam Shapotou. Mulai dari cable car yang membuat Anda mengagumi kemolekan padang gurun dan Sungai Kuning dari ketinggian. Lalu, ada toboggan terpanjang di China yang meluncur dari ketinggian 80 meter. Jangan lewatkan pengalaman menunggang unta yang membuat Anda menyatu dengan lanskap Shapotou.

Mutianyu Great Wall

Ramadhan trip

Mutianyu Great Wall

Hanya berjarak sekitar 65 kilometer di sisi utara Beijing, Mutianyu Great Wall adalah salah satu bagian Tembok China yang masih terawat baik. Panoramanya pun tak kalah mengagumkan. Hutan lebat di sekitarnya menciptakan keindahan luar biasa yang membuat Anda speechless. Tiap musim berganti menawarkan pemandangan unik, sehingga Mutianyu Great Wall bagus untuk dikunjungi sepanjang tahun.

Anda bisa naik ke menara pandang untuk menikmati tembok panjang ini dari perspektif berbeda. Di Mutianyu ada beberapa menara pandang, seperti Zhengguan Terrace dan Big Corner Tower. Fasilitas seperti cableway dan luge turut memudahkan wisatawan lansia maupun anak-anak menyusuri Mutianyu Great Wall.

Masjid Id Kah, Kashgar

Ramadhan trip

Masjid Id Kah

Tahukah Anda, Masjid Id Kah di Kashgar, Xinjiang sudah berdiri sejak 1442? Didirikan oleh Saqsiz Mirza, awalnya bangunan ini hanya berupa tempat ibadah kecil untuk mendoakan sanak keluarga yang telah wafat. Setelah beberapa kali pemugaran, kini Masjid Id Kah termasuk salah satu masjid terbesar China.

Masjid ini menjadi pusat perayaan berbagai festival keagamaan umat muslim di Xinjiang. Ketika waktu salat tiba, semua orang berbondong-bondong datang memenuhi masjid hingga jalanan di sekitarnya. Serasa di Indonesia ya?

Masjid Niujie, Beijing

Ramadhan trip

Masjid Niujie

Masjid Niujie dikenal sebagai masjid agung dan bersejarah Beijing. Berlokasi di Distrik Xicheng, Niujie Street, masjid ini dibangun pertama kali tahun 996. Bangunan megah ini menyerupai istana tradisional China dengan mengadopsi dekorasi gaya Arab. Luas areanya ditaksir lebih dari 6.000 meter persegi.

Masjid Niujie dibangun menghadap ke sisi barat atau ke arah Mekkah. Gerbang masuk ke dalam masjid dihiasi oleh kaligrafi kutipan Al-Quran. Bahkan, beberapa teks tertulis dalam huruf Arab kuno, Al-Kufi. Dijamin Anda tidak akan berhenti mengagumi setiap detailnya.

 

Bagaimana, sudah tahu mana saja tempat yang ingin Anda kunjungi di Ramadhan trip ke China nanti? Cari tahu berbagai informasi terkait Idul Fitri travel lainnya hanya di RCKTrip.com. Selamat berlibur!