Pasti RCK Lovers setuju bahwa fountain atau air mancur merupakan salah satu ornamen yang meningkatkan keindahan kota. Salah satu air mancur yang disebut sebagai paling terkenal di dunia adalah Trevi Fountain.

Memangnya seperti apa keindahan dari air mancur ini? Mari kita intip bersama-sama!

Gaya Arsitektur & Sejarah Trevi Fountain

Letak Trevi Fountain

Fontana di Trevi merupakan air mancur yang berada di kota Roma, Italia. Pada awalnya, air mancur ini merupakan desain dari Bernini atas permintaan Paus Urban VIII. Sayangnya, desain Bernini tersebut tidak terealisasi karena kematian sang Paus.

Hingga akhirnya pada tahun  1730, Nicola Salvi memenangkan kontes untuk melakukan desain ulang terhadap air mancur ini. Hingga akhirnya proses pembangunan dimulai pada 1732. Meski begitu, sentuhan dari Bernini masih terasa pada desain baru ini.

Proses pembangunan air mancur ini membutuhkan waktu hingga tiga puluh. Proses pembangunan air mancur selesai pada 1762 oleh Panini yang menggantikan Salvi sebagai arsitek. Sebab Salvi telah wafat pada 1751 sehingga tidak bisa melihat hasil akhir karyanya.

Nama air mancur ini sebenarnya berasal dari letaknya. Sebab letak Trevi Fountain berada di antara persimpangan tiga jalan (tre vie).

Tradisi Melempar Koin

 

tradisi di Trevi Fountain

Terdapat satu tradisi yang diyakini dan dilakukan oleh banyak orang ketika mengunjungi air mancur ini. Tradisi di Trevi Fountain tersebut adalah melempar koin ke dalamnya.

Diyakini bahwa orang yang melempar satu koin ke dalam air mancur akan kembali mengunjungi roma. Jika RCK Lovers melempar dua koin, maka RCK Lovers bisa menemukan cinta di kota Roma. Dengan melempar tiga koin, RCK Lovers akan lebih mudah untuk menikah.

Koin-koin tersebut akan dibersihkan setiap minggu dan didonasikan untuk membantu keluarga yang kurang mampu. Dalam satu tahun, dapat terkumpul 1.4 juta euro dari koin-koin tersebut.

RCK Lovers sebenarnya dapat mengunjungi air mancur ini kapan saja. Namun, waktu terbaik mengunjungi Trevi Fountain adalah pada awal pagi hari ataupun menjelang malam. Pada waktu ini, RCK Lovers akan mendapatkan pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan.

Penutup

Keindahan kota merupakan salah satu daya tarik dari Roma sebagai destinasi wisata. Karena itu, RCK Lovers wajib untuk mendatangi dan melihat secara langsung keindahan Trevi Fountain, salah satu air mancur paling terkenal di dunia.