RCK Lovers, Australia punya deretan destinasi wisata alam yang mengagumkan. Jika berkesempatan berkunjung ke negeri Kangguru, maka Twelve Apostles adalah situs yang patut kamu datangi. Ini sebenarnya merupakan tumpukan batu di samudra selatan lepas pantai Taman Nasional Port Campbell, tepi Great Ocean Road Victoria.

Destinasi ini adalah salah satuĀ landmark alam paling terkenal dan merupakan daya tarik wisata besar di sisi tenggara Australia. Di mana lokasinya dan apa saja daya tariknya?

Daya Tarik Twelve Apostles

Twelve Apostles Australia

Twelve Apostles Australia merupakan kumpulan tumpukan batu kapur lepas pantai di sepanjang Great Ocean Road. Yakni garis pantai yang terpahat dan berasal dari miliaran kerangka laut kecil, kemudian terakumulasi di dasar laut. Selanjutnya secara bertahap, fenomena alam ini menciptakan formasi batu kapur.

Saat laut surut, tebing-tebing tersebut terlihat di atas permukaan laut. Lautan itu secara bertahap mengikis batu kapur yang lebih lembut, membentuk gua-gua di tebing, yang akhirnya menjadi lengkungan. Ketika runtuh, pulau-pulau batu setinggi 65 meter dibiarkan terisolasi dari pantai.

Terlepas dari namanya, tidak pernah ada 12 tumpukan batu. Ada sembilan formasi batuan asli. Pada bulan Juli 2005, tumpukan setinggi 50 meter runtuh. Sekarang, hanya tersisa tujuh tumpukan di sana.

Lokasi dan Cara Menuju Twelve Apostles

Lokasi dan Cara Menuju Twelve Apostles

Twelve Apostles adalah bagian dari Taman Nasional Port Campbell, barat daya Victoria, Australia. Panjangnya membentang sepanjang 30 kilometer di sepanjang pantai dari Princetown hingga Peterborough.

Twelve Apostles Victoria berjarak empat setengah jam berkendara dari Melbourne di sepanjang Great Ocean Road. Ada rute langsung di sepanjang Princes Highway melalui Colac yang memakan waktu tiga jam perjalanan mobil.

Lokasi ini berjarak 10 menit berkendara dari Port Campbell. Berikut petunjuk yang bisa membawa kamu menuju lokasi tersebut :

  1. Perjalanan dari kota Melbourne ke Westgate Freeway
  2. Lanjutkan ke Princes Freeway
  3. Lanjutkan ke Geelong Ring Road
  4. Ikuti rambu ke Torquay

Kamu juga bisa menggunakan transportasi umum kereta api yang tersedia dari Melbourne ke Geelong atau Warrnambool, berhenti di sepanjang jalan di banyak kota utama termasuk Winchelsea dan Colac.

Namun yang perlu kamu ketahui, waktu kereta bervariasi dan tidak tersedia 24 jam dalam 7 hari.

Waktu Berkunjung Terbaik ke Twelve Apostles

Waktu Berkunjung Terbaik ke Twelve Apostles

Waktu paling tenang adalah pagi hari sepanjang tahun, meskipun akan selalu ada pengunjung lain di sana saat fajar tiba. Sebaiknya, datanglah pagi atau sore hari untuk menghindari keramaian. Kamu bisa mengambil foto menarik dari salah satu pemandangan paling terkenal di kawasan ini.

Di sana, terdapat toilet dan air minum yang tersedia 24 jam. Kemudian, terdapat pula layanan akomodasi dan kafe di sekitarnya. Jika memungkinkan, lakukanlah perjalanan setidaknya selama 2 hari agar kamu memiliki waktu untuk bersantai.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mengunjungi Twelve Apostles dan menikmati keindahan alamnya? Siapkan diri untuk segera melancong ya!