Nikmati keindahan alam di tempat-tempat yang tidak mainstream dengan bepergian ke Azerbaijan. Terletak di antara Pegunungan Kaukasus dan Laut Kaspia, negeri ini memiliki bentang alam yang bervariasi, mulai dari pegunungan, dataran rendah, sampai hutan. Kalau Anda sudah bosan pergi ke tempat wisata populer, menyepi ke Azerbaijan bisa menjadi pilihan.

 

Inilah lima destinasi wisata alam yang bisa Anda jelajahi jika berkunjung ke bekas wilayah Uni Soviet ini.

 

1.  Danau Goygol

Wisata Alam

Danau Goygol

Kecantikan Danau Goygol sudah terkenal di kalangan petualang, mulai dari airnya yang seperti kristal hingga hutan asri di sekitarnya. Berlokasi di Taman Nasional Goygol, danau yang namanya berarti “danau biru” ini terbentuk pada tahun 1139 akibat gempa bumi. Danau Goygol berada di ketingian 1.500 m dari permukaan laut, tepatnya di kaki Gunung Mrav.

 

Danau Goygol cocok sebagai tujuan wisata alam berbagai musim. Pepohonan yang berubah warna saat musim gugur sangat indah, tetapi musim panas di area danau menghadirkan langit cerah serta udara yang relatif sejuk. Anda bisa datang ke sini untuk merasakan pengalaman para seniman Azerbaijan yang menjadikan tempat ini sumber inspirasi.

 

2.  Taman Nasional Shahdag

Wisata Alam

Taman Nasional Shahdag

Taman Nasional Shahdag adalah salah satu tempat wisata alam paling menantang di Azerbaijan. Lokasinya berada di dekat perbatasan antara Azerbaijan dan Rusia, sehingga ada beberapa area yang terlarang bagi turis atau membutuhkan izin untuk akses. Akan tetapi, Anda bisa melihat panorama spektakuler, terutama Gunung Bazardüzü yang merupakan gunung tertinggi di Azerbaijan.

 

Selain pemandangan gunung bersalju, Anda bisa melihat hewan-hewan Kaukasus Timur yang unik, seperti antelop kambing, ibex, beruang cokelat Suriah, kucing hutan, rubah merah, dan berang-berang. Ada juga berbagai flora unik seperti pohon ceri liar, mawar gunung, dan beberapa jenis pohon birch.

 

3.  Taman Nasional Gobustan

Wisata Alam

Taman Nasional Gobustan

Jika Taman Nasional Shahdag berlokasi di pegunungan bersalju, Taman Nasional Gobustan memiliki dataran berbatu-batu. Area ini terkenal dengan lukisan batu zaman purba berusia lebih dari 40.000 tahun. Ada juga deretan gua yang menunjukkan tanda-tanda pernah dihuni serta komplek pemakaman purba.

 

Taman Nasional Gobustan juga memiliki sekitar 400 “gunung berapi lumpur”, yaitu lubang-lubang berisi lumpur panas bergejolak yang dipicu oleh aktivitas gas bawah tanah. Anda bisa melihat aktivitas semburan lumpur di sana-sini, mulai dari yang hanya setinggi satu meter hingga 700 meter.

 

4.  Taman Nasional Absheron

Wisata Alam

Taman Nasional Absheron

Ingin bersantai di pantai? Kunjungi Taman Nasional Absheron. Berlokasi di dekat Laut Kaspia, tempat wisata pantai Azerbaijan ini unik karena terlihat seperti gurun yang langsung menyambung ke laut. Taman Nasional Absheron cocok dikunjungi selama musim semi dan panas karena bunga-bunga liar dan hewan-hewan mulai bermunculan.

 

Taman Nasional Absheron adalah habitat berbagai spesies unik, seperti kelinci, gazelle, berbagai jenis angsa, dan hyena. Jika beruntung, Anda bisa melihat anjing laut Kaukasus merapat ke pantai. Area ini cocok untuk bersantai atau piknik sambil menjauh sejenak dari keramaian.

 

5.  Gabala

Wisata Alam

Gabala

Gabala memberi Anda panorama paling menakjubkan di Azerbaijan. Berlokasi di kaki Pegunungan Kaukasus, Gabala terdiri dari padang rumput luas, lembah, serta area perbukitan dengan pemandangan spektakuler. Anda bisa melihat kuda liar berlari di lembah serta tujuh air terjun indah yang airnya berasal dari puncak Kaukasus.

 

Walau Gabala merupakan tujuan wisata alam populer Azerbaijan, Anda tetap bisa menikmati suasana santai dan menenangkan. Tempat ini terkenal dengan anggur serta tehnya yang bisa Anda nikmati di kedai teh serta kebun anggur lokal. Anda juga bisa naik kereta gantung untuk menikmati pemandangan lebih spektakuler.

 

Lupakan tempat wisata yang sudah terlalu populer, dan langkahkan kaki Anda ke Azerbaijan untuk perjalanan lebih berkesan. RCKTrip memberi Anda informasi, tips, dan panduan wisata alam lengkap untuk membuat perjalanan Anda lebih berkesan. Hubungi RCKTrip sekarang dan atur perjalanan menyenangkan untuk menjelajahi Azerbaijan!