Memiliki dua wilayah yang dipisahkan dengan samudera membuat potensi wisata di Malaysia sangat besar. Di kawasan barat yang menjadi pusat pemerintahan, wisata modern jumlahnya ada banyak. Selanjutnya di kawasan timur ada banyak sekali wisata alam termasuk gunung dan cagar alam yang memikat.

Dengan potensi yang sangat banyak ini setiap tahun ada ratusan ribu turis datang ke sini untuk melakukan jalan-jalan atau belanja. Kalau Anda hendak melakukan perjalanan ke Malaysia dalam waktu dekat, hindari wisata yang biasa saja dan sudah umum. Lebih baik kunjungi wisata unik di bawah ini.

  1. Gunung Mulu National Park Sarawak

23eeGunung MuluAda dua hal menarik yang bisa dinikmati oleh wisatawan yang jalan-jalan ke Gunung Mulu National Park Sarawak. Pertama adalah menyaksikan gua yang memiliki banyak sekali stalaktit dan stalakmit. Semuanya masih alami dan terjaga dengan sangat baik. Selanjutnya Anda juga bisa menyaksikan deretan kelelawar gua yang hidup menggantung di atap gua.

Selain menikmati gua, Anda juga bisa menyewa perahu yang digunakan untuk mengelilingi kawasan hutan. Dari perahu ini Anda bisa menyaksikan bukit, kawasan hutan, dan tentu saja dewan liar yang kebetulan lewat dan berada di pinggiran sungai.

  1. Langkawi Cable Car

Wisata Anti Mainstream

Langkawi Cable Car

Kalau Anda ingin menikmati sesuatu yang berbeda dan cukup menguji nyali, kenapa tidak naik gondola saja. Di kawasan Langkawi ada kereta gantung yang beroperasi dan mengantarkan pengunjung untuk jalan-jalan dengan ketinggian sekitar 700-an meter di atas permukaan air laut.

Lama perjalanan naik kereta gantung ini sekitar 20 menit. Selama itu Anda bisa menikmati keindahan hutan yang masih alami, sungai, dan juga langit yang cerah. Jangan lupa untuk mengabadikan momen, ya!

  1. Pulau Dayang Bunting

Wisata Anti Mainstream

Pulau Dayang Bunting

Dinamai Dayang Bunting karena bentuknya mirip dengan wanita hamil. Pulau yang berada di Langkawi ini mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan karena masih terawat dengan baik dan juga indah. Konon kalau mandi di sekitar pulau ini mereka yang sulit hamil bisa segera mendapatkan momongan.

  1. Gua Batu (Batu Caves), Selangor

Wisata Anti Mainstream

Batu Caves

Kawasan Gua Batu (Batu Caves) merupakan tempat ibadah umat Hindu. Di sini terdapat 3 gua utama yang bisa dijangkau dengan 22 anak tangga. Di bagian depan ada patung raksasa setinggi 42 meter yang dilapisi emas. Tempat wisata ini ramai setiap hari khususnya saat ada upacara keagamaan.

  1. Sam Poh Tong, Ipoh

Wisata Anti Mainstream

Sam Poh Tong

Sam Poh Tong adalah kuil yang dibangun di gua alami yang sangat indah. Di dalam bangunan kuilnya terdapat banyak sekali patung dewa. Selain itu stalaktit dan stalakmitnya juga dibiarkan dan memberikan kesan alami yang sangat cantik di sekitar bangunan kuil.

Setiap orang yang datang ke sini hanya diberi waktu sekitar sejam untuk berkeliling untuk menikmati kuil. Pembatasan ini dilakukan agar para biksu yang ada di sini tidak terganggu saat melakukan ibadah. Sam Poh Tong gratis dan tidak ada biaya tambahan saat berkeliling.

Inilah beberapa rekomendasi tempat jalan-jalan yang anti mainstream di Malaysia. Dengan mengunjungi tempat wisata di atas, Anda akan mendapatkan pengalaman wisata baru yang sulit dilupakan. Apalagi kalau saat ke sana Anda mengabadikannya dengan kamera.

Oh ya, info lain terkait wisata dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk mampir atau menghubungi RCKTrip.com, ya!