Siapa yang tidak mengenal daratan China? Pastinya, RCK Lovers sudah familiar dengan negeri yang dijuluki sebagai Negeri Tirai Bambu ini. Bagaimana tidak, ketika negara ini merupakan negara ketiga terbesar dengan populasi terbanyak di dunia. Selain daratannya, Yangtze River juga sangat populer di sana. 

Hal ini karena, sama seperti sungai di kebanyakan daerah lainnya, Sungai Yangtze juga sangat berpengaruh terhadap peradaban orang Tiongkok. Sejak zaman dahulu, sungai ini berfungsi sebagai salah satu pusat perkembangan agrikultur, budaya, ekonomi, transportasi, dan bahkan turisme.

Tentang Sungai Yangtze

Pesona Yangtze River Mampu Memikat Banyak Orang 

Pada dasarnya, Yangtze merupakan sungai terpanjang ketiga di dunia, dan terpanjang pertama di Asia dan di daratan China. Jika kamu ingin tahu Sungai Yangtze ada di mana, maka perlu kamu ketahui jika sungai ini melintasi 11 provinsi. Jadi, kamu akan menemukannya dari Tibet hingga Shanghai.

Panjang dari sungai ini adalah sekitar 6,300 km, dan merupakan salah satu sungai penting yang ada di daratan China selain Yellow River atau Sungai Kuning. Hal ini karena, banyak orang menganggap jika sungai ini adalah border atau pemisah antara China bagian utara dengan China bagian selatan. 

Lalu, sebenarnya apa yang dimaksud dengan Yangtze? Secara literal, kamu dapat mengartikan Sungai Yangtze sebagai Sungai Panjang. Sungai ini mengalir dari Gletser Jianggendiru, yang berada di Qinghai dan Tibet, di China bagian barat. 

Lalu, sungai ini juga melewati beberapa kota-kota besar seperti Chongqing, Yichang, Wuhan, Nanjing, dan Shanghai. Di samping itu, sungai ini juga penting bagi masyarakat yang ada di Kota Panzhihua, Jingzhou, Shashi, Xianning, Yueyang, Hefei, dan lain-lain.

Aktivitas Wisata di Sungai Yangtze

Suasnaa Yangtze River Sangat Nyaman

Lalu, aktivitas apa yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Sungai Yangtze? Hal yang tidak boleh kamu lewatkan pada saat berlibur ke sini adalah melakukan tur kapal pesiar dari Chongqing ke Yichang. Pada umumnya, pelayaran kapal pesiar ini akan menghabiskan waktu selama 4 hari 3 malam.

Pastinya, kamu akan bisa menikmati keindahan Yangtze River, dan belajar mengenai sejarah yang ada di sana. Kamu juga akan berhenti di Three Gorges Dam atau Bendungan Tiga Ngarai. Bendungan ini merupakan pusat pembangkit tenaga listrik yang sangat penting bagi ⅕ populasi di daratan China. Sebelum berkunjung, perkaya informasi dengan tips wisata dari RCKTrip