Kenya merupakan negeri eksotis di Afrika Timur dengan bentang alam yang sangat cantik. Selain terkenal akan safari satwa liarnya, negara yang sisi tenggaranya berbatasan langsung dengan Samudra Hindia ini juga memiliki deretan kuliner khas yang rasanya juara.

Kuliner khas Kenya sangat kaya—memadukan tradisi dan budaya masyarakat setempat yang begitu beragam. Jika Anda berencana mengunjungi negara ini dalam waktu dekat, berikut rekomendasi makanan yang wajib dicicipi.

  1. Ugali

Kuliner Khas Kenya

Ugali

Ugali merupakan makanan pokok orang Kenya yang dibuat dari tepung jagung, milet, atau sorgum. Cara mengolahnya sangat gampang; cukup tuang tepung ke air mendidih sampai mendapat konsistensi adonan yang pas.

Tidak hanya mengenyangkan, ugali juga merupakan sumber zat besi yang sangat dibutuhkan tubuh. Sebagai makanan pokok (seperti halnya nasi), ugali cocok disajikan dengan lauk apa saja.

 

  1. Sukuma Wiki

Kuliner Khas Kenya

Sukuma Wiki

Sukuma wiki adalah kuliner tradisional yang sangat populer sekaligus favorit bagi masyarakat Kenya. Makanan ini dibuat dari sayur collard hijau yang dirajang kecil-kecil lalu dicampur dengan tomat dan bawang merah.

Sukuma wiki tergolong makanan yang murah dan biasanya disajikan bersama ugali. Meski simpel, rasanya sangat lezat, lho.

 

  1. Nyama Choma

Kuliner Khas Kenya

Nyama Choma

Berbicara soal kuliner khas Kenya tentu tidak lengkap kalau tak menyebut nyama choma. Makanan berupa daging panggang berbumbu garam dan merica ini lazimnya disajikan dengan ugali atau salad kachumbari.

Nyama choma memiliki cita rasa yang gurih dan lezat. Tidak heran kalau kuliner yang satu ini menjadi favorit warga Kenya atau siapa pun yang berkunjung ke sana. Nyama choma banyak dijual di tepi-tepi jalan oleh pedagang kaki lima.

 

  1. Kachumbari

Kuliner Khas Kenya

Kachumbari

Kachumbari merupakan “salad” tradisional khas Kenya. Makanan ini terbuat dari campuran tomat segar, cabai hijau, bawang merah, ketumbar, garam, dan ditambah dengan perasan jeruk lemon. Kachumbari sering dijadikan pelengkap saat menyantap nyama choma.

 

  1. Mutura

Kuliner Khas Kenya

Mutura

Jika di Indonesia terdapat marus/dideh, di Kenya juga ada jenis kuliner yang sama, yaitu mutura. Mutura merupakan sosis yang bahan dasarnya adalah daging dan darah segar, lalu ditambah bumbu pelengkap seperti jahe, daun bawang, bawang putih, cabai, serta garam.

Nah, adonan daging yang sudah tercampur dengan bumbu ini kemudian dimasukkan ke dalam usus kambing atau sapi, lalu dipanggang. Orang Kenya menikmati mutura sebagai hidangan pembuka atau camilan saat minum bir.

 

  1. Githeri

Kuliner Khas Kenya

Githeri

Selanjutnya ada githeri yang merupakan kuliner berbahan dasar jagung dan kacang-kacangan. Githeri biasa disantap mentah dengan tambahan bumbu seperti bawang, tomat, cabai, atau yang lainnya sesuai selera.

Githeri ini mudah sekali dibuat dan termasuk salah satu makanan pokok Kenya dengan kandungan gizi yang tinggi. Kalau berkesempatan mengunjungi Kenya suatu hari nanti, jangan lupa mencicipi kuliner tradisional yang satu ini, ya!

 

  1. Mandazi

Kuliner Khas Kenya

Mandazi

Mandazi adalah donat khas Afrika yang terbuat dari tepung, khamir, gula, telur, ragi serta susu, lalu digoreng kering. Mandazi juga umum disebut dengan Swahili bun. Mandazi yang dibuat dengan campuran santan dinamakan mahamri/mamri.

Aroma yang begitu harum dan cita rasa mandazi yang manis gurih membuatnya sering dijadikan camilan untuk sarapan atau disantap pada sore hari saat bersantai sambil minum teh.

 

  1. Pilau

Kuliner Khas Kenya

Pilau

Pilau merupakan hidangan tradisional khas Kenya yang mudah dijumpai di hampir segala jenis perjamuan. Kuliner ini adalah nasi yang dimasak dengan kaldu daging, ayam, atau sayuran, lalu ditambah bumbu pelengkap seperti cengkeh, kayu manis, atau jintan. Rasanya sangat gurih, lezat, dan aromanya harum menggugah selera.

 

Masih banyak kuliner tradisional lain yang tak kalah lezat dan wajib dicoba saat sedang berada di Kenya, misalnya mukimo, samosas, kuku paka, pakai, irio, serta karanga. Yuk, cek RCKTrip untuk dapatkan rekomendasi dan tips bermanfaat lain seputar liburan!