India merupakan negara di Asia Selatan yang masih menjunjung tinggi nilai tradisi dan kebudayaannya. Sementara dari segi sajian, makanan khas India kaya akan rempah-rempah, tak jauh berbeda dengan Indonesia.

Maka dari itu, tidak sedikit sajian dari sana yang memperoleh penerimaan positif di bangsa kita. Beberapa di antaranya, bahkan tidak perlu sampai jauh-jauh datang ke sana untuk sekaran mencoba makanan tersebut, lho.

Daftar Makanan Khas India yang Populer

Namun, jika ada kesempatan untuk bertandang ke sana, tidak ada salahnya mencoba barisan kuliner yang menggugah selera. Sebagai bahan rekomendasi RCK Lovers, berikut sajian dari India yang enak-enak:

  • Tikka Masala

Makanan Khas India

Makanan ini menggunakan ayam sebagai bahan utama, tetapi berbumbu kari, sehingga dari segi aroma dan warna terbilang pekat. Rasanya benar-benar enak, karena mungkin ada campuran krim dan yoghurt pada bumbu kari.

  • Rogan Josh

Makanan Khas India

Rogan Josh ialah makanan tradisional dari India yang memanfaatkan daging merah dari domba atau kambing sebagai bahan dasarnya. Namun, saat ini ada beberapa restoran yang memodifikasinya dengan daging ayam maupun sapi.

  • Nasi Biryani

Makanan Khas India

Berbeda dengan nasi di Indonesia, nasi biryani memiliki bentuk yang lebih panjang, besar, dan kering atau biasa disebut beras basmati. Dari aromanya saja sudah sangat menggoda, karena terdiri dari berbagai macam bumbu rempah.

  • Kheer

Makanan Khas India

Beras di India juga tidak hanya berfungsi sebagai bahan makanan pokok saja, tetapi juga untuk membuat kudapan. Salah satunya adalah kheer atau puding beras yang berfungsi sebagai hidangan penutup atau pencuci mulut.

  • Laddu

Makanan Khas India

Apabila kamu penikmat film India, tentu sudah familiar dengan laddu, bukan? Kuliner khas India yang menggunakan tepung gandum ini memang sudah sangat mendunia. Laddu biasa dihidangkan pada ritual keagamaan atau acara penting.

  • Samosa

Makanan Khas India

Sedang tidak ingin makan berat, tetapi pengin mengunyah? RCK Lovers bisa icip-icip samosa yang tampak seperti perpaduan antara lumpia dengan pastel. Teksturnya garing dan renyah di luar, tetapi bagian dalam ada isian kari daging kambing, lho.

  • Naan

Makanan Khas India

Naan ialah roti tradisional dari India yang berbahan dasar tepung ragi. Tak seperti roti pada umumnya, masyarakat biasa menyantap naan bertemankan lauk, seperti ayam tandoori atau palak paneer.

Nah, dari sekian banyak makanan khas India, mana yang sudah pernah kamu coba? Bagi yang butuh referensi kuliner dari negara lainnya, bisa langsung meluncur ke pusat informasi RCKTrip.com.